blank
Bupati Arif Sugiyanto bersams Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Cilacap Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo.membuka Laguna Beach Expo.(Foto:SB/Dinas Kominfo)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Bupati Kebumen Arif Sugiyanto secara resmi membuka Gerebeg Besar Panai Laguna Ekspo di Pantai Laguna Desa Lembupurwo, Kecamatan Mirit, Kebumen Kamis (21/7) Ju

Pembukaan Laguna Beach Expo tahun ini turut dihadiri Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Cilacap Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo.

Bupati menyambut baik adanya kegiatan ini sebagai upayamenggerakan ekonomi masyarakat. Menurut dia, untuk mendongkrak ekonomi masyarakat, perlu dibuat sebuah gerakan atau kegiatan yang bisa mendatangkan banyak orang.

“Untuk mendongkrak ekonomi masyarakat memang perlu digerakkan, tidak bisa hanya berdiam diri menunggu orang datang tanpa ada sebuah gebrakan yang menarik orang untuk datang,”ujar Arif Sugiyanto.

blank
Danlanal Cilacap Kol Laut Sugeng Subagyo dan Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menanam mangrove di Pantai Laguna Lembupurwo Kecamatan Mirit.(Foto:SB/Dinas Kominfo).

Bupati pun mendorong agar ekspo atau kegiatan pameran dan pertunjukan bisa diadakan di tiap-tiap kecamatan. Hal ini sekaligus untuk menumbuhkan semangat UMKM mempromosikan produk-produk unggulannya.

“Memang perlu sekali kegiatan semacam ini diadakan di tiap kecamatan, untuk lebih menggenalkan produk-produk UMKM tiap-tiap wilayah,” ucap Bupati yang didampingi Ketua TP PKK Kebumen Iin Windarti.

Akhir Tahun Ada Even Besar di Petanaah

Bupati juga berencana mengadakan kegiatan besar di wilayah selatan, tepatnya di Petanahan pada akhir tahun ini, dan pada tahun depannya lagi rencananya akan diadakan di Lembupurwo. “Kegiatannya apa? Sedang kita konsep,”ucapnya.

Danlanal Cilacap Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo menambahkan, TNI AL juga turut mengapresiasi adanya kegiatan tersebut. Terlebih laut Kebumen masuk dalam wilayah pengamanannya sampai Purworejo. Tak lupa, pihaknya ikut memeriahkan dengan penanaman mangrove di Pantai Laguna.

“Saya mengapresiasi kegiatan semacam ini, karena selain untuk menggerakan ekonomi. Isu lingkungan juga harus diperhatikan, karena itu kami tadi melakukan penanaman mangrove bersama Bupati dan jajaran, tujuannya untuk mencegah abrasi, dan menghijaukan pantai agar lebih indah,”ucap Danlanal.

Gerebeg Besar Pantai Laguna Ekspo di Pantai Laguna Mirit berlangsung sampai Minggu 24 Juli 2024. Kegiatan ini menyajikan banyak pameran produk-produk UMKM tiap-tiap desa se Kecamatan Mirit.

Selama Ekspo berlangsung ada beberapa kegiatan menarik, di antaranya ada parade band, lomba warna caping bagi anak TK dan SD, senam bersama, penampilan kesenian lokal, seperti jamjaneng, kuda kepang, dan tabligh akbar.

Komper Wardopo