Pasa siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Dua (Muda) Wuryantoro, Wonogiri, menjalani latihan PBB dibimbing oleh personel TNI dari Koramil-10 Wryantoro Kodim 0728 Wonogiri.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Sejumlah sekolah di Kabupaten Wonogiri, menggandeng tentara untuk ikut memberikan pendidikan kepada para siswa. Ini dilakukan bersamaan dengan datangnya tahun ajaran baru 2022/2023.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogifri Pelda Indra, mengatakan, itu sebagaimana dilakukan di Kecamatan Wuryantoro, Wonogiri misalnya bersamaan saat berlangsung Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi murid baru.

Sebanyak 230 siswa Kelas X SMK Muhammadiyah Dua (Muda) Wuryantoro, mendapat pembimbingan dari personel Koramil-10 Wuryantoro. Yakni oleh Pelda Rohmat bersama Serma Sugiman, Serka Larto, Serka Suradi, Serka Tukimin dan Serda Dwiyanto.

Sementara itu, SMK Pancasila 8 menjalin kerjasama dengan Koramil 22/Slogohimo. Anggota Koramil 22/Slogohimo Serda Awaludin dan Serda Wahyu ditunjuk oleh Danramil Kapten (Inf) Prahwoto, untuk memberikan materi Kesadaran berbangsa dan bernegara kepada para siswa.

SMAN Manyaran

Materi yang diberikan kepada para murid terdiri atas pemahaman Pancasila sebagai ideologi negara, tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika.

Personel TNI dari Koramil-11 Manyaran Kodim 0728 Wonogiri (berdiri di depan), memberikam pembekalan tentang Wasbang, Pancasila, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika,kepada para siswa SMA Negeri 1 Manyaran, Wonogiri.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

”Kegiatan ini merupakan bagian dari tugas pokok Koramil dalam Pembinaan Teritorial,” tegas Kapten (Inf) Prahwoto. Di sisi lain, melalui kegiatan ini menjadi bagian dari pendidikan karakter para siswa. Termasuk menanamkan sikap disiplin, cinta Tanah Air, kesadaran dan semangat bela negara, membentuk patriot bangsa yang setia dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa, dalam upaya menjaga keutuhan NKRI.

Di Kecamatan Purwantoro, anggota Koramil 19/Purwantoro tampil memberikan pembekalan berupa latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) kepada siswa-siswi SMP 3 Purwantoro. Ini diberikan oleh Serma Soeendro, Serka Jainul, Serma Bambang dan Kopka Munaji kepada sebanyak 170 siswa-siswi. Ikut mendampingi dalam kegiatan ini, Guru Pendamping Eko Prayitno.

Kegiatan sama juga berlangsung di SMA Negeri 1 Manyaran, Wonogiri. Kepala Sekolah (Kasek) SMA Negeri 1 Manyaran, Dra Harmini MSi, meminta Danramil-11 Manyaran Kapten (Arh) Hadi Santoso. Untuk teknis pelatihan PBB dilakukan oleh Serka Suryadi dan Sertu Sambudi.

Bambang Pur