blank

JEPARA ( SUARABARU.ID) -Sekitar 500 guru dan kepala sekolah jenjang SD di Jepara dan Kendal, Sabtu (16/7-2022) saling berbagi informasi terkait Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Kegiatan dipusatkan di SDN 1 Panggang, Kecamatan Jepara. Dalam acara tersebut, pengalaman pelaksanaan IKM di sekolah masing-masing saling diinformasikan.

blank
(Foto: Aksl)

“Ini kami lakukan agar IKM benar-benar terlaksana sesuai yang diharapkan,” kata Ketua Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Merpati Kecamatan Jepara, Agus Triyono.

Dia mengatakan, kegiatan ini dilakukan bersama oleh KKG Gugus Merpati Kecamatan Jepara dengan KKG Gugus Ki Hadjar Dewantara, Kecamatan Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal.

blank
(Foto: Aksl)

“KKG Ki Hadjar Dewantara Kendal Kaliwungu Selatan melakukan kunjungan ke Jepara. Kami dari KKG Merpati lalu bekerja sama dengan K3S (Kelompok Keerja Kelapa Sekolah) SD Kecamatan Jepara melakukan penyambutan. Kami isi dengan diskusi bersama pelaksanaan IKM dipusatkan di SDN 1 Panggang karena merupakan SD inti di KKG kami yang terdiri dari 12 SD di Dabin 1 Satkordik Kecamatan Jepara,” kata Agus Triyono.

Kegiatan dilangsungkan kombinasi daring dan tatap muka. Peserta kunjungan dari KKG Ki Hadjar Dewantara, tuan rumah KKG Merpati, dan anggota K3S SD Gugus Merpati Kecamatan Jepara yang totalnya lebih dari 100 peserta mengikuti secara langsung di SDN 1 Panggang.

“Guru guru lain di wilayah kedua gugus KKG mengikuti secara daring. Jadi totalnya 500-an,” terang pria yang juga guru di SDN 2 Panggang.

Kegiatan diisi dengan pemaparan, diseminasi informasi bersama terkait pelaksanaan IKM, hingga diskusi dan tanya jawab. “Sehingga bisa saling bertukar informasi IKM di kedua wilayah,” tambah Agus Triyono.

Sebagai salah satu peserta yang telah mengikuti coaching clinic IKM di Balai Besar Pengembangan Mutu Pendidikan (BB PMP) Jawa Tengah, Agus Triyono ikut memberikan paparan. Pemateri lain adalah Kepala SDN 4 Panggang, Juwari.

Koordinator Wilayah Pendidikan Kecamatan Kaliwungu Selatan Imam Hambali mengatakan pihaknya sangat berharap bisa memperoleh pengetahuan tambahan yang bermanfaat dan bisa diadopsi di Kaliwungu Selatan.

Sedangkan Koordinator Satkordikcam Jepara Edy Supriyono menyebut SD di wilayahnya sudah siap melaksanakan IKM. Persiapan dilakukan mulai di tingkat dinas, satkordikcam, hingga pengawas, dan guru.

Hadepe – Aksl