blank
Seasana penyelenggaraan Program Fresh Graduate Academy Digital Talent Scholarship yang digelar UNS bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI , Jumat (15/7) Foto: Humas UNS

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI menyelenggarakan Program Fresh Graduate Academy Digital Talent Scholarship (FGA DTS).

Kegiatan yang diikuti 71 peserta dari 20 perguruan tinggi di Indonesia berlangsung secara daring dan dibuka Wakil Rektor Perencanaan Kerja Sama Bisnis dan Informasi UNS, Prof. Sajidan, Jumat (15/72022).

Wakil Rektor Perencanaan Kerjasama Bisnis dan Informasi UNS, Prof. Sajidan dalam sambutannya menyampaikan, FGA DTS merupakan program pelatihan peningkatan kompetensi bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Program yang digelar bertujuan mempersiapkan lulusan yang belum atau tidak sedang bekerja agar memiliki kompetensi profesional, sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era revolusi industri 4.0 . Sehingga mereka dapat bersaing baik di industri dalam maupun luar negeri.

blank
Wakil Rektor Perencanaan Kerjasama Bisnis dan Informasi UNS, Prof. Sajidan, Program Fresh Graduate Academy Digital Talent Scholarship  secara daring. Foto: Humas UNS

Program FGA juga bekerja sama dengan mitra global technology companies ternama, mitra edukasi teknologi lokal dan Perguruan Tinggi dalam pemenuhan kebutuhan talenta digital. Salah satunya adalah UNS.

Hal ini dimaksudkan agar para lulusan dapat memenuhi kebutuhan tenaga terampil di bidang teknologi dan berkesempatan memiliki sertifikasi global serta dapat bersaing baik di industri dalam maupun luar negeri.

“Kementerian Komunikasi dan Informasi berupaya menciptakan ekosistem seimbang untuk memaksimalkan peran triple helix (instansi pemerintahan, sektor industri, dan institusi pendidikan) guna menjadi fasilitator dan akselerator pendukung ekonomi digital,” terang Prof. Sajidan.

Sementara itu, Kepala Pusat Pengembangan Profesi dan Sertifikasi Kementerian Kominfo RI diwakili Wakil Sub-Pokja FGA Kementerian Kominfo, Fajar Rulhudana mengatakan, secara keseluruhan jumlah penerima manfaat FGA tahun 2022 sebanyak 25.000 orang peserta.