blank
Seleksi calon PKY Jawa Tengah. Foto: Dok/PKY Jateng

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Komisi Yudisial (KY) RI memanggil putra-putri daerah untuk mengikuti tes seleksi Penghubung Komisi Yudisial di berbagai wilayah tahun 2022.

Penghubung Komisi Yudisial (PKY) wilayah Jawa Tengah menjadi salah satu tempat untuk pelaksanaan tes tersebut, yang dilaksanakan di kampus Universitas Semarang (USM), Rabu (13/7/2022).

Koordinator PKY Jateng, Muhammad Farhan menyampaikan, tes seleksi ini bertujuan untuk menambah Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di kantor penghubung Komisi Yudisial, dan untuk calon terpilih nanti memiliki Integritas dan kompetensi yang tinggi.

“Tes seleksi ini diikuti lebih dari 50 peserta yang dilaksanakan selama dua hari, yaitu hari Rabu 13 Juli 2022 dan hari jumat, 15 juli 2022. Tujuannya untuk menambah personil SDM kita yang kurang. Selain itu para pelamar yang mengikuti tes seleksi merupakan orang-orang yang lolos dari syarat administrasi yang berhak mengikuti tes kemampuan dasar. Mereka semua merupakan pelamar yang memiliki rekam jejak integritas dan kompetensi yang tinggi,” terangnya.

Farhan juga mengingatkan, tes seleksi ini tidak dipungut biaya. Panitia seleksi tidak bertanggung jawab apabila ada oknum yang mengatasnamakan panitia seleksi yang memungut biaya atau tawaran dalam bentuk apapun.

Salah satu peserta tes seleksi calon asisten Penghubung Komisi Yudisial Jawa Tengah, Santi Rahayu (30) mengungkapan, dirinya mengikuti tes seleksi ini untuk menjadi bagian dari keluarga besar Komisi Yudisial.

“tujuan saya mengikuti tes seleksi ini agar saya bisa menjadi bagian dari keluarga besar Komisi Yudisial, khususnya Penghubung Komisi Yudisial Jawa Tengah. Saya berharap bisa diterima, amin,” ujarnya.

Kegiatan tes seleksi calon PKY ini dilaksanakan serentak di 14 daerah, yaitu, Nanggroe Aceh Darusalam, Sumatra Barat, Lampung, Bali, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tenggara, papua, Papua Barat, Sumatra Utara, Kalimantan Barat, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, dan Maluku.

Ning Suparningsih