blank
Kepala Diskominfo Jepara, Arif Darmawan (kiri) saat menghadiri acara pembinaan karyawan Diskominfo (Foto: Kominfo)

JEPARA (SUARABARU.ID)- Bertempat di Aula Sultan Hadlirin Gedung OPD Bersama, Rabu (13/7/2022) puluhan karyawan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jepara menerima pembinaan mental.

blank
Pembinaan mental karyawan Diskominfo di Gedung Shima.

Dibuka langsung oleh Kepala Diskominfo Jepara Arif Darmawan, serta didampingi Pelaksana harian sekretaris dinas Endang Retnoningsih, dan Kabid Komunikasi Muslichan, pembinaan mental ini sebagai wahana untuk melakukan evaluasi, introspeksi, dan mawas diri. Khusunya terhadap pelaksanaan tugas yang telah dicapai dan laksanakan selama ini.

“Kita harapkan forum semacam ini bisa secara berkala kita adakan. Bisa dijadikan wadah bersama untuk evaluasi pribadi,” ujar Arif.

Dalam kesempatan itu, Penyuluh Agama Ahli Madya dari Kantor Kemenag Jepara Badrudin dihadirkan sebagai pemateri. Ia membawakan materi bertajuk “Menggapai Kebahagiaan dalam Kehidupan”.

Diterangkan kiai muda tersebut, ada empat tanda manusia agar mendapatkan kebahagiaan. Pertama, selalu ingat kepada salah dosa yang telah dilakukan, sehingga mau menyesali dan memperbaiki. Kedua, mudah melupakan kebaikan-kebaikan yang dilakukan.

Tanda ketiga, jika ingin hatinya tentram di dunia maka perlu melihat hal yang lebih rendah. Mahalnya sebuah kebahagiaan sesorang itu jika mengikuti standar tren terkini. Poin terpenting lain adalah jangan terlalu larut dalam kesedihan, dan tak berlebihan saat senang. “Kita hidup itu perlu realistis,” tandas dia.

Sedangkan tanda keempat yakni untuk urusan agama. Jika ingin bahagia maka penting melihat hal di atasnya. Seperti melakukan tindakan yang bermanfaat melebihi orang lain. Sebelum mengakhiri tausiah, Badrudin mengajak agar senantiasa berbenah diri.

ua/kominfo