blank
Acara serah terima siswa asal Sumbawa Barat yang meraih beasiswa untuk bersekolah di SMK Binaan Djarum Foundation. Foto:Djarum Foundation

KUDUS (SUARABARU.ID) – Sebanyak 68 siswa asal Sumbawa Barat mendapat beasiswa untuk belajar di SMK Wisuda Karya dan SMK Raden Umar Said Kabupaten Kudus.

Para siswa tersebut mendapatkan beasiswa dari PT Amman Mineral Nusa Tenggara, untuk bisa menimba ilmu di dua sekolah vokasi unggulan binaan Djarum Foundation tersebut.

Dimas Pradyaka Purnama selaku Manager Community Development Social Impact PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN), mengatakan, program beasiswa diawali dengan proses seleksi yang diikuti 200 lebih siswa dari berbagai SMP di Kabupaten Sumbawa Barat.

“Dari 200 lebih peserta tersebut menjalani seleksi yang ketat hingga akhirnya terpilih 68 siswa yang mendapat beasiswa di SMK Wisuda Karya dan SMK RUS,”kata Dimas usai seremoni Serah Terima Peserta Didik Penerima Beasiswa yang berlangsung di SMK Wisudha Karya, Kudus, (13/7).

Menurut Dimas, pemilihan kedua SMK tersebut sebagai tujuan beasiswa atas pertimbangan SMK yang merupakaan binaan Djarum Foundation ini kerap meraih sejumlah penghargaan dan menjadi rujukan magang oleh Kemendikbudristek untuk siswa dan para guru vokasi dari berbagai daerah.

Dimas menjelaskan, pada proses awal seleksi, ratusan calon penerima beasiswa harus memilih program kompetensi keahlian yang tersedia di SMK Wisudha Karya dan SMK Raden Umar Said, sesuai dengan minat yang mereka miliki.

Sejumlah program yang tersedia adalah Desain Komunikasi Visual, Animasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Mesin, Teknik Automasi, Nautika Kapal Niaga, Teknik Kapal Niaga, dan Teknik Energi Terbarukan. Setelah itu dilanjutkan dengan tahap interview dan diakhiri uji kompetensi yang dilakukan oleh guru-guru dari Kudus.

“Program beasiswa ini bertujuan untuk dapat meningkatkan kompentensi pelajar SMK di Kabupaten Sumbawa Barat dan juga memenuhi permintaan industri, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat.

Meskipun jarak Sumbawa ke Kudus sangat jauh, namun manfaat dari sisi peningkatan kualitas pendidikannya jauh lebih penting,” tambah Dimas.

Program beasiswa ini juga mendapat respon positif dari Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten Kudus. “Tentu saja ini merupakan hal yang patut diapresiasi, kami dari Dinas Pendidikan Kabupaten Kudus juga merasa sangat bangga dapat berpartispasi dalam program beasiswa ini. Karena secara tidak langsung kami turut serta dalam upaya meningkat kualitas pendidikan di Sumbawa Barat,” ucap Dr. Yuli Rifani, M.Pd selaku perwakilan dari Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Kudus.

Baiq Kartika Dewi Cantika sebagai salah satu penerima beasiswa dari PT. Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN) mengatakan bahwa dirinya merasa sangat antusias dan bangga karena mendapatkan kesempatan beasiswa ini. “Saya senang sekali bisa terpilih mendapatkan beasiswa ini, sehingga saya bisa mengembangkan kemampuan yang saya miliki di SMK Wisudha Karya,” papar Kartika.

PT. Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN) merupakan sebuah perusahaan pertambangan yang mengoperasikan 25.000ha tambang tembaga dan emas yang terletak di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara. Program beasiswa ini diharapkan menjadi program berkelanjutan sehingga secara konsisten mampu meningkat kualitas pendidikan di Sumbawa Barat.

Ali Bustomi

Baca juga:

USM-Djarum Foundation Tanam 3.000 Bibit Pohon Mangrove , Prof Sudharto: Ini Bukti Kecintaan Kita kepada Bumi

Gubernur Jateng Terima Bantuan 250 Unit Konsentrator Oksigen dari Djarum Foundation