blank
Purna tugas anggota Polres Wonosobo dilepas dengan naik andong. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Sejumlah 14 personel Polres Wonosobo menjalani upacara purna tugas di halaman Mapolres setempat. Personel yang menjalani purna tugas terdiri dari 12 anggota Polri dan 2 PNS Polri.

Ke-12 anggota Polri tersebut adalah AKBP Suharjono, Kompol Sri Puji Astutik, Kompol Suharyati, AKP Imam Masruchi, AKP Waryanto, AKP Sigit Subiyakto, AKP Muji Darmaji, Ipda Gunantara, Ipda Dalijan, Ipda Mulyadi, Ipda Bardi, Aiptu Catur Kusumanto.

Sedangkan 2 PNS Polri yang purna adalah Penata Suparman dan Penda TK 1 Budi Utomo.
Upacara pelepasan keempat belas personel tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Wonosobo, AKBP Eko Novan Prasetyo Puspito, SIK MSi.

Dalam sambutannya, Kapolres mengungkapkan bahwa seluruh darma bhakti dan dedikasi selama bertugas sebagai anggota Polri akan dijadikan teladan untuk anggota Polri yang masih aktif.

“Terimakasih kepada rekan-rekan purnawirawan Polri maupun purnawirawan PNS atas kinerja dan kebersamaan selama ini di kepolisian. Kami akan terus belajar dari kinerja rekan-rekan,” ungkap Kapolres.

Naik Andong

blank
Prosesi pedang pora menandai pelepasan purna tugas anggota Polres Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

Tak hanya upacara pelepasan, para purna Bhayangkara tersebut juga dilepas dengan tradisi pedang pora serta diarak menggunakan dokar usai pelaksanaan upacara.

Kapolres menambahkan bahwa tradisi pedang pora ini juga sebagai wujud penghargaan setinggi-tingginya institusi Polri kepada para purnawirawan atas jasa dan tugas selama berdinas.

“Tradisi pedang pora dan arak-arakan dokar ini sebagai wujud penghargaan kami dalam melepas rekan-rekan purnawirawan memasuki masa purna bhakti,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Kapolres berharap silaturahmi yang telah terjalin dengan Polres Wonosobo tidak terputus meski masa dinas sudah usai.

“Selamat memasuki masa purna bhakti dengan penuh kebahagiaan dan kesehatan bersama keluarga, semoga keakraban dan silaturahmi di antara kita tetap terjalin dengan baik,” pungkas dia.

Muharno Zarka