blank
Sop Daging. Foto: Suara.com

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Selain identik dengan takbiran dan shalat Id, Hari Raya Idul Adha juga identik dengan berkurban, kurban sapi misalnya. Biasanya orang-orang akan diberi bagian daging kurban. Nah jika Anda mendapatkan daging kurban, Anda bisa mengolahnya menjadi sop daging dengan resep sop daging sapi simpel berikut ini.

Diketahui, daging sapi ini bisa diolah menjadi berbagai menu makanan lezat. Mulai dari sate, rendang, tongseng, dendeng, soto, bakso, dan sop. Jika Anda lebih tertarik mengolah daging sapi menjadi sop. Pastikan Anda menggunakan resep yang tepat untuk mendapatkan cita rasa yang pas.

Nah artikel ini akan mengulas mengenai resep sop daging sapi simpel dan anti gagal yang bisa Anda coba di rumah. Seperti apa resepnya? Mari simak ulasannya di bawah ini yang dihimpun dari berbagai sumber.

Baca Juga: Resep: Chicken Grilled With Mushroom Sauce

Dilansir dari Suara.com sebelum memasak sop daging sapi, pastikan daging sapinya masih segar. Adapun cara mengetahui daging sapi masih segar atau tidak dengan melihat warnamya. Daging sapi yang masih segar biasanya memiliki warna merah segar.

Selain itu, daging sapi jangan dibersihkan dengan air mengalir. Pasalnya, jika daging terkena cairan akan membuatnya cepat busuk jika disimpan atau tidak langsung dimasak.

Jika sudah menyiapkan daging sapi segar, selanjutnya siapkan bahan-bahan untuk membuat sop daging sapi. Adapun bahan-bahannya sebagai berikut.

Baca Juga: Resep: Cumi Saus Padang

Bahan-bahan:
– 300 g daging sengkel (potong dadu)
– 3 L air
– 2 buah kentang (potong dadu)
– 200 g wortel (potong bulat)
– 100 g kapri manis
– 50 g kacang polong
– 10 buncis (siangi dan potong 3 cm)

Bumbu:
– 5 siung bawang putih (goreng dan memarkan)
– Daun seledri 2 tangkai (ikat)
– 2 sdm garam
– 1/8 sdt bubuk merica
– pala bubuk 1 sdt
– gula pasir 1 sdt
– Daun bawang 2 batang (iris kasar)

Cara membuat sop daging sapi:
1. Pertama-tama, didihkan daging dalam panci berisi air. Jika sudah mengeluarkan kaldu, ambil kaldunya sekitar 2,5 l. Lalu, sisanya direbus lagi menggunakan daun seledri dan bawang putih. Kemudian masak sampai harum.
2. Tahap selanjutnya, tambahkan kentang, wortel, dan buncis, lalu masak hingga sedikit layu. Selanjutnya, tambahkan kapri dan aduk hingga tercampur rata. Berikutnya masukkan kacang polong dan aduk sampai rata.

Baca Juga: Resep: Kakiage atau Bakwan Jepang Ala Devina

3. Setelah itu, bumbui sup menggunakan merica, garam, gula, dan pala, kemudian aduk sampai rata, dan masak semua bahan hingga matang. Koreksi rasa, jika sudah pas, tambahkan daun bawang, aduk kembali. Lalu, Angkat.
4. Tuangkan sop daging sapi dalam mangkuk saji. Nikmati selagi hangat bersama sepiring nasi hangat, bisa juga ditambah emping atau kerupuk.

Demikian ulasan mengenai resep sop daging sapi simpel yang bisa Anda coba di rumah untuk sajian makan siang atau makan malam Anda. Selamat mencoba!

Claudia