blank
ilustrasi penyimpanan daging. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Masalah penyimpanan bahan makanan berupa daging idealnya jadi pengetahuan umum. Setiap jenis daging memiliki batas waktu yang berbeda ketika disimpan dengan benar. Tentu saja, artikel ini akan menjawab pertanyaan berapa lama daging bisa disimpan di kulkas dan tetap aman dikonsumsi.

Sebelum membahas hal tersebut, mari pahami jika setidaknya terdapat empat jenis daging yang biasa disimpan di dalam kulkas. Pertama daging merah, kemudian makanan laut, daging unggas, dan daging olahan.

Dilansir dari Suara.com, berapa lama daging bisa disimpan di kulkas? Nah, batas waktu penyimpanan daging dari berbagai jenis yang bisa Anda simak dalam poin singkat berikut ini.

Baca Juga: Resep: Sop Daging Sapi

1. Daging Merah

Untuk Anda yang baru saja merayakan Idul Adha, dan mungkin masih memiliki daging kambing atau sapi, ternyata ada batas waktu wajar penyimpanannya. Saat dimasukkan ke dalam kulkas, daging ini bisa bertahan hingga 4 hari.

Namun jika ingin lebih lama, Anda bisa masukkan ke dalam freezer, dan bisa bertahan antara 4 hingga 12 bulan tergantung kondisi daging. Pastikan memeriksa kondisinya saat akan dikonsumsi. Jika sudah berubah warna atau tidak lagi segar, hindari untuk mengolahnya.

2. Makanan Laut

Produk atau bahan makanan laut dan daging ikan bisa bertahan 1 hingga 2 hari di dalam kulkas. Serupa dengan daging merah, jenis ini akan bertahan lebih lama, hingga 6 bulan, saat dimasukkan ke dalam freezer.

Pengecualian muncul untuk ikan-ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan sejenisnya, yang hanya dianjurkan untuk penyimpanan 2 hingga 3 bulan saja.

Baca Juga: Harga Daging Kerbau di Kudus Tembus Rp 150 Ribu per Kilogram

3. Jenis Daging Unggas

Seperti ayam, bebek, burung dara, dan unggas lain bisa bertahan selama dua hari di dalam kulkas. Jika dimasukkan ke dalam freezer, daging jenis ini bisa bertahan hingga 12 bulan dalam kondisi utuh. Dalam bentuk potongan, daya tahannya di dalam freezer adalah sekitar 9 bulan.

Jika sudah diolah, daging unggas ini memiliki daya tahan antara 3 hingga 4 hari sebelum kemudian dimasak kembali.

4. Daging Olahan

Untuk jenis terakhir, jenis daging olahan seperti daging asap, sosis, kornet, hingga salam, bisa disimpan dan tetap dalam kondisi baik dalam waktu hingga 7 hari. Namun jika dimasukkan ke dalam freezer, daya tahannya menjadi 1 hingga 2 bulan.

Karena memiliki kemasan yang baik, produk ini cenderung lebih mudah disimpan di dalam freezer.

Itu tadi informasi mengenai berapa lama daging bisa disimpan di kulkas dan freezer dalam kondisi ideal. Semoga informasi ini membantu, dan selamat melanjutkan aktivitas Anda!

Claudia