Kemudian memperlihatkan sertifikat vaksin minimal dosis pertama jika tidak menggunakan aplikasi PeduliLindungi. “Dan menggunakan masker dengan benar hingga menutup hidung, mulut, dan dagu secara sempurna sesuai dengan aturan, serta selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah naik kereta,” kata Anne Purba.

Khusus pengguna KRL yang membawa anak-anak khususnya balita, diimbau menghindari kepadatan saat hendak menggunakan KRL. Petugas akan mengatur pergerakan pengguna anak-anak yang akan menggunakan KR. Selama tidak terlalu padat petugas akan mengizinkan untuk naik KRL.

Sesuai SE Kemenhub No. 72 tahun 2022 KRL Yogyakarta – Solo diperkenankan melayani pengguna hingga 80 persen  dari kapasitas, dengan tempat duduk dapat terisi penuh. KRL Yogyakarta – Solo tetap beroperasi dengan 20 perjalanan KRL per hari pada hari kerja mulai pukul 05.05 – 18.30 WIB.

Untuk hari libur atau Sabtu dan Minggu beroperasi 24 perjalanan pukul 05.05 – 20.17 WIB. Pelayanan perjalanan KA Lokal Prambanan Ekspres relasi Yogyakarta-Kutoarjo PP, dioperasikan sebanyak  delapan perjalanan tiap harinya, jelasnya .

Wajib

Sementara itu Manajer Humas KAI Daop 6, Supriyanto mengutip VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangannya mengatakan, pelanggan KA Jarak Jauh yang belum mendapat vaksinasi ketiga (booster) wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen yang masih berlaku pada saat boarding.

Pihaknya mengajak calon pelanggan melakukan vaksinasi hingga vaksin ke-3 untuk mendukung program pemerintah dalam penanganan Covid-19. KAI saat ini sudah menyediakan fasilitas vaksinasi di berbagai lokasi stasiun dan klinik kesehatan KAI.