blank
Acara ruwat rambut gembel di Desa Sembungan Kejajar Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Mengangkat tema “Gumregah Makaryo Sesarengan” peringatan Hari Jadi ke-197 Kabupaten Wonosobo tahun ini, akan dilaksanakan dengan lebih meriah namun tetap taat protokol kesehatan, mengingat penularan Covid-19 masih ada, walaupun sudah lebih terkendali.

Hal ini berbeda dengan peringatan hari jadi dua tahun sebelumnya, yang diperingati dengan terbatas dan sederhana, karena dalam masa puncak pandemi global Covid-19. Pemkab Wonosobo saat itu tidak menggelar prosesi hari jadi secara massal dengan melibatkan masyarakat.

Dipilihnya tema tersebut, dengan tujuan menumbuhkan kembali semangat kerja dan kebersamaan dalam upaya menggairahkan kembali perekonomian masyarakat dan meningkatnya investasi di Kabupaten Wonosobo.

Rangkaian agenda hari jadi, diawali pada hari Minggu tanggal 3 Juli 2022 berupa Ruwat Cukur Ranbut Gembel di Telaga Cebong Desa Sembungan Wonosobo, dilanjut tanggal 6 Juli 2022 Khitan Massal di Masjid Agung Jami’.

Kamis, 7 Juli 2022 kick off penanganan anak tidak sekolah di Gedung Sasana Adipura Kencana, tanggal 13 Juli 2022 Edukasi Basic Life Support Hari Bhakti Dokter Indonesia di Sikunir Wonosobo, tanggal 16 Juli 2022 Festival Kesenian Rakyat Tradisional di Alun-alun Wonosobo

Sedang tanggal 18, 20 dan 23 Juli 2022 Zaiarah Makam Pendiri Wonosobo, tanggal 19 Juli 2022 Gerakan KB MKJP Massal di Gedung IBI, tanggal 21 Juli 2022 Festival Dolanan Anak di Alun-alun Wonosobo, tanggal 21 Juli 2022 Pengambilan Air dari 7 Sumber Mata Air.

Pada Sabtu, 23 Juli 2022 Bedhol Kedhaton di Desa Plobangan, Penyerahan Panji-panji Daerah, Hastungkara Ujubing Umbul Donga dan Mbirat Sengkala di kompleks Pendopo Bupati Wonosobo.

Kerja Bareng

Adapun puncak acara pada Minggu 24 Juli 2022 digelar pisowanan agung di Pendopo Selatan, pasar rakyat, atraksi seni, kembul bujana 1000 tenong, festival kopi, pentas seni, lomba foto, dan konser musik “Nabila Feat Trisuaka” di Alun-alun Wonosobo.

Layanan Pos Bindu di Sasana Adipura Kencana, turnamen pimpong di Gedung Tenis Indoor, tanggal 25 Juli 2022 khataman dan Wonosobo Bersholawat di Alun-alun Wonosobo, 30 Juli 2022 Lomba menyanyi lagu kenangan di Sasana Adipura Kencana, dan tanggal 6 Agustus 2022 Konser Rock Merdeka#4, Deklarasi Diaspora Wonosobo di sasana Adipura Kencana.

Ketua Umum Hari Jadi sekaligus Pj Sekda Wonosobo M Kristijadi, Jumat (8/7/2022) mengatakan, sejumlah kegiatan yang digelar pada peringatan hari jadi tahun ini akan dikemas semenarik mungkin walaupun dilaksanakan dengan sederhana.

Hal itu tak lepas dari upaya membangkitkan kembali semangat kerja dan ekonomi masyarakat pasca pandemi global Covid-19. Meski demikian seluruh rangkaian peringatan Hari Jadi ke-197 dilaksanakan dengan menerapkan prokes Covid-19 yang ketat.

“Selain itu, juga dalam upaya mengangkat kepercayaan investor berinvestasi di daerah Wonosobo. Peringatan HUT ke-197 dikemas dengan nuansa wisata budaya guna menarik wisatawan datang ke Wonosobo,” katanya.

Wakil Ketua Hari Jadi sekaligus Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Wonosobo, Agus Wibowo menyampaikan, peringatan hari jadi tahun ini walaupun tidak didukung dengan anggaran yang memadai karena dialihkan untuk penanganan pandemi global Covid-19, tidak mengurangi semangat dan kemeriahan dalam pelaksanaannya.

Seluruh rangkaian acara peringatan HUT Wonosobo ke-197 tahun 2022 ini dilakukan dengan cara kerja bareng. Artinya melibatkan seluruh potensi yang ada, termasuk partisipasi luas dari masyarakat Wonosobo. Sehingga cara diharapkan berlangsung meriah, aman dan sehat.

“Gumregah Makaryo Sesarengan, bisa mengangdung makna “kerja bareng” artinya melibatkan seluruh potensi yang ada termasuk masyarakat untuk bersama-sama memeriahkan peringatan hari jadi, dengan semangat menggairahkan kembali sendi-sendi ekonomi pasca pandemi global Covid-19 ” ungkapnya.

Muharno Zarka