blank
Sukarelawan PMI Kebumen menyemprotkan disinfektan di Pasar Hewan Argopeni, Kecamatan Kebumen.(Foto:SB/HUmas PMI)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Mendekati pelaksana Hari Raya Idul Adha 1443 H, Polres Kebumen bersama Tim Gabungan bergerak cepat menyemprotkan disinfektan ke Pasar Hewan Argopeni.

Tim yang melibatkan Polres, PMI Kebumen, BPBD serta Dinas Pertanian, Peternakan dan Pangan (Distapang) itu juga menyemprotkan disinfektan ke Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Kebumen serta sejumlah kandang sapi milik warga Kebumen dan Alian.

Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin menyatakan, penyemprotan dengan melibatkan Distapang Kabupaten Kebumen, BPBD Kabupaten Kebumen dan PMI Kabupaten Kebumen untuk mengantisipasi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku atau PMK menjelang Idul Adha.

Petugas penyemprotan gabungan dilepas AKBP Burhanuddin meninggalkan Mapolres Kebumen sekitar pukul 13.00 WIB, Kamis (7/7).

“Penyemprotan ini diharapkan sebagai langkah antisipasi penyebaran PMK menjelang Idul Adha,”jelas Kapolres Kebumen.

Setelah dilepas, Tim Gabungan bergerak ke Pasar Hewan Argopeni, yang pertama kali dilakukan adalah memeriksa sejumlah hewan di pasar tersebut dan memastikan sehat dari PMK.

blank
Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin melepas Tim Gabungan untuk menyemprot disinfektan ke pasar hewan, RPH dan kandang sapi warga.(Foto:SB/Humas PMI)

Lalu penyemprotan dimulai dari lapak paling ujung sebelah selatan bergerak ke utara.

Selanjutnya tim bergerak ke RPH Kebumen yang beralamat di Desa Kalirejo Kecamatan Kebumen. RPH disterilisasi oleh tim gabungan, karena saat Idul Adha ditunjuk sebagai salah satu tempat pemotongan hewan kurban.

Agar Sehat Dikonsumsi

Setelah melakukan penyemprotan secara menyeluruh kurang lebih memakan waktu satu jam, tim bergerak ke sejumlah kandang sapi milik warga Kebumen.

Di antara kandang Sapi Mahesa Lembu yang beralamat di Desa Jatimulyo, Kecamatan Alian, juga dilakukan penyemprotan. Yanto selaku pemilik kandang menyambut baik kegiatan penyemprotan di kandangnya itu.

Ia berharap apa yang dilakukan Polres Kebumen bersama dinas terkait akan berdampak positif baginya karena kandang jadi lebih steril.

“Saya berterima kasih sekali atas penyemprotan ini. Semoga sapi-sapi saya menjadi lebih sehat, terhindar dari PMK,”ucap Yanto.

blank
Kasat Binmas AKP Tamsil Mardiyono menyemprotkan disinfektan di RPH Kalirejo Kecamatan Kebumen.(Foto:SB/Humas Polres)

Humas PMI Kabupaten Kebumen Pipit Mahardi menambahkan, menjelang hari Raya Idhul Adha 1443 Hijriah, sukarelawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kebumen bersama Tim Gabungan terlibat aktid melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah titik.

Kegiatan diawali Apel di Halaman Polres Kebumen pada Kamis Sore 07 Juli 2022. Turut andil Tim Gabungan lainnya berasal dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen dan BPBD Kebumen. Bahkan para perwira Polres juga ikut terjun langsung menyemprotkan disinfektan, seperti Kasat Binmas AKP Tamsil Mardiyono dan Kasat Sabhara AKP Sigit Prastyanto..

Sebelumnya, menindaklanjuti surat permohonan Polres Kebumen, Kepala Markas PMI Kebumen Muhammad Muslim Mustofa menugaskan beberapa sukarelawan. Di antaranya Ircham D. K, Dadang Saeful, Irawan, dan Luthfi Riyanto lengkap dengan alat spraying dan seragam hazmat.

Kapolres Kebumen, AKBP Burhanuddin menyatakan, penyemprotan disinfektan dilakukan sebelum Idul Adha 1443 H ini dengan mendasar adanya virus PMK yang menyerang hewan ruminansia agar hewan kurban dipastikan sehat untuk dikonsumsi.

“Kami ucapkan terima kasih kepada semua Tim gGabungan baik dari PMI, BPBD, maupun Distapang kita akan melaksanakan kegiatan penyemprotan disinfektan, menjelang Idul Adha dengan mendasar adanya virus yang menyerang mulut dan kaki hewan ruminansia secara massif,”ujar AKBP Burhanuddin.

Komper Wardopo