blank
Tim Siwo PWI Pusat, Jatim dan Malang Raya, melakukan pengecekan kesiapan pelaksanaan Porwanas 2022, yang dijadwalkan berlangsung November di Malang Raya. Foto: siwo

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Ketua Siwo PWI Pusat, Gungde Ariwangsa bersama rombongan, melakukan kunjungan kerja ke Malang Raya, Provinsi jawa Timur. Kegiatan itu dilaksanakan, untuk memastikan kesiapan Siwo Jatim sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) 2022, yang dipusatkan di Malang Raya.

”Kami bersama tim, melakukan kunjungan ke Malang Raya. Selain meninjau venue atau tempat pertandingan cabang olahraga, juga memastikan kesiapan Siwo PWI Jatim yang dibantu Siwo PWI Malang Raya,” kata Bang Ari, sapaan akrab Ketua Siwo PWI Pusat, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (5/7/2022).

Disebutkan dia, dalam kunjungannya itu, pihaknya memantau sejauh mana pematangan dan pemantapan dalam kesiapannya. ”Salah satu tujuan kami meninjau tempat Porwanas ini, agar pelaksanaan even olahraga wartawan se-Indonesia itu lebih sukses nantinya,” imbuh dia.

BACA JUGA: Warga Grobogan Korban Perdagangan Manusia di Arab Saudi, Berangkat Secara Ilegal

Pihaknya yakin, tuan rumah pun siap menggelar even ini. ”Kami sudah melihat venue yang ditunjukkannya, seperti di Kota Wisata Batu (Selecta), untuk cabor Catur dan Bridge serta tenis meja maupun tenis lapangan. Kami melihat arenanya sangat representatif, tinggal menyesuaikan sekretariat dan penginapannya,” tambah Ari.

Sebelum meninjau ke Kota Batu di Malang, tim Siwo PWI Pusat juga meninjau venue cabor futsal dan bulutangkis. Dua cabor itu ada di Unggul Sport, kawasan Karanglo, Kabupaten Malang. Tempat itu juga dinilai sangat representatif, dan rencananya dipersiapkan untuk laga semi final.

Di tempat yang sama, Ketua Siwo PWI Jatim, Erwin Muhammad menambahkan, untuk persiapan Porwanas, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan beberapa pihak terkait. Salah satunya dengan Dispora, melalui cabor yang akan dipertandingkan.

BACA JUGA: Diduga Tak Bisa Berenang, Bocah 15 Tahun Ini Tenggelam saat Mandi di Sungai

”Kami bersama Siwo PWI Pusat, terus berkoordinasi guna memastikan kesiapan sarana dan prasarana untuk tiap venuenya. Ada 10 cabor yang dipertandingan, seperti Bridge, Catur, Tenis Meja dan Tenis Lapangan, Bulutangkis, Sepakbola, E-Sport, Biliar, Atletik, Futsal. Semuanya kami siapkan di Malang Raya,” tambah Erwin.

Persiapan pelaksanaan Porwanas November 2022, sambungnya, sejauh ini masih dalam tahapan pematangan koordinasi secara intensif, dengan PWI Pusat maupun Malang Raya.

”Porwanas ini menjadi ajang silaturahmi dan berprestasi, termasuk pemberdayaan nilai ekonomi masyarakat. Pelaksanaan Porwanas ini juga ingin menggugah lagi animo masyarakat untuk berolahraga,” ujar Erwin.

BACA JUGA: IHT Implementasi Kurikulum Merdeka, Nutrisi untuk Guru di SD Negeri 1 Daren

Ditambahkan dia, dalam waktu dekat panitia akan segera memverifikasi entry by name dan entry by number, serta keabsahan atlet. Peserta Porwanas harus murni anggota PWI dan lulus uji kompetensi wartawan.

”Estimasi peserta Porwanas kali ini diperkirakan mencapai 3.500 orang. Di luar anggota PWI dan belum mengantongi UKW, belum diberikan kesempatan untuk ikut bertanding,” tegasnya.

Riyan