blank
Totok Sugiyarto, M.Pd, Kepala Sekolah SD Negeri 1 Daren saat memberi sambutan.

JEPARA (SUARABARU.ID) – Direktorat Jendral guru dan Tenaga Kependidikan memberikan dukungan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka dengan menggunakan teknologi melalui Platform Merdeka Mengajar . Ini untuk melaksanakan Keputusan Mendikbudristek Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran

Sehubungan dengan tersebut,  Satuan Pendidikan yang telah mendaftar Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) jalur mandiri dengan pilihan  Mandiri Berubah mulai tahun ajaran 2022/2023 akan menerapkan kurikulum merdeka. Caranya   menggunakan perangkat ajar yang telah disediakan dalam Platform Merdeka Mengajar sesuai dengan jenjang satuan Pendidikan.

blank
Peserta In House Training (IHT) Implementasi Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Belajar (PMM) di SD Negeri 1 Daren

Perangkat ajar untuk sekolah dasar yaitu kelas 1 dan 4 dengan memperhatikan langkah-langkah yang harus dilakukan oleh kepala sekolah dan guru untuk jalur mandiri berubah.

Gagasan pelaksanaan kegiatan In House Training (IHT) Implementasi Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Belajar (PMM) di SD Negeri 1 Daren muncul dari Totok Sugiyarto, M.Pd, Kepala Sekolah SD Negeri 1 Daren.

Kegiatan In House Training (IHT) Implementasi Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Belajar (PMM) di SD Negeri 1 Daren dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tanggal 30 Juni sampai dengan tanggal 1 juli 2022 dengan peserta dewan guru SD Negeri 1 daren, sebagai  Narasumber 1 pada kegiatan tersebut yaitu Akhmad Toha, S.Pd dari SD Negeri 9 Jambu, yang juga sebagai master google Trainer sehingga kemampuannya tidak diragukan lagi,. Sedangkan narasumber 2 adalah  Dwi Margo Sutrisni, M.Pd (Kepala SD Negeri 2 Ngetuk).  Pengawas TK/SD Dabin II  Hardjanto, S.Pd ikut menghadiri kegiatan tersebut sekaligus membuka acara.

Kepala Sekolah Dasar Negeri 1 Daren, dalam sambutannya menyampaikan maksud dan tujuan diselenggerakannya kegiatan In House Training (IHT) Implementasi Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Belajar (PMM) di SD Negeri 1 Daren adalah sebagai nutrisi dalam mempersiapkan implementasi kurikulum merdeka diinternal satuan pendidikannya,

Khususnya guru kelas 1 dan 4, guru maple PJOK dan PAI  untuk mengikuti kegiatan tambahan secara mandiri, bergabung dengan komunitas  belajar merdeka serta memperbanyak literasi terkait dengan kurikulum merdeka.

Hari pertama kegiatan narasumber   Akhmad Toha, S.Pd menyampaikan materi Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dan Platform Merdeka Mengajar (PMM) dilanjutkan narasumber 2  Dwi Margo Sutrisni, M.Pd memberikan materi penyusunan perangkat ajar dan dilanjutkan praktik pembuatan modul ajar.

Hari  ke dua mempresentasikan modul ajar yag telah dibuat dihari pertama dari peserta sekaligus memberikan evaluasi, saran masukan dari peserta lain, dan kegiatan In House Training (IHT) Implementasi Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Belajar (PMM). Sesi  terakhir diakhiri dengan refleksi yang disampaikan semua peserta  serta foto Bersama dengan narasumber. Untuk lebih lengkapnya video kegiatan tersebut dapat disaksikan pada kanal youtube sdn1darenkeren https://youtu.be/nTUWdRxjZvo.

Hadepe – TS