blank
Tim SAR Gabungan tengah mencari RMA, bocah 15 tahun yang tenggelam di Sungai Serayu Desa Kedawung. Foto: Dok/SAR Semarang

BANJARNEGARA (SUARABARU.ID) – RMA, bocah 15 tahun yang tenggelam di Sungai Serayu Desa Kedawung pada Selasa (5/7/2022) hingga pagi ini masih dalam pencarian tim SAR gabungan, Kamis (7/7/2022).

Diketahui, korban yang merupakan warga Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara ini saat kejadian tengah mandi di Daerah Aliran Sungai (DAS) Serayu bersama 3 temannya.

Kepala Kantor SAR Semarang, Heru Suhartanto menjelaskan, pada hari Selasa sekitar pukul 16.00 WIB, korban bersama 3 temannya usai mengaji langsung menuju Sungai Kedawung untuk mandi, tepatnya di Daerah Aliran Sungai (DAS) Serayu di Desa Kedawung.

“Tiga temannya berhasil menepi dan selamat, sedangkan korban hanyut terbawa arus dan tenggelam,” ungkap Heru di Semarang.

“Diduga RMA tidak bisa berenang hingga akhirnya terbawa arus, tidak bisa menyelamatkan diri,” lanjut Heru.

Sementara itu dalam pencarian, tim SAR gabungan dibagi menjadi 2 Search Rescue Unit (SRU). SRU 1 penyisiran menggunakan perahu karet di titik kejadian sampai dengan Depo Pasir Pelumutan bawah, SRU 2 penyisiran menggunakan LCR dari Pelumutan bawah sampai dengan jembatan Banyumas,” terangnya.

Diketahui kondisi aliran Sungai Serayu berkelok dan kedalaman sungai kurang lebih 4 meter, lebar mencapai 25 meter.

Heru berharap tim SAR gabungan diberi kemudahan dalam pencarian, dan korban segera ditemukan.

Ning Suparningsih