blank
Tim visitasi Gudep Mantap Kwarda Gerakan Pramuka Jateng ketika berada di Pangkalan 03/04 SDN 2 Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Pangkalan 03/04 SD Negeri 2 Wonosobo lolos menjadi 6 besar penilaian Gugus Depan (Gudep) Mantap tingkat Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Tengah 2022, selanjutnya dilakukan visitasi oleh Tim Kwarda Gerakan Pramuka Jateng, Selasa (6/7/2022) di SDN 2 Wonosobo.

Gudep Mantap merupakan program unggulan tingkat Kwarda Gerakan Pramuka Jateng 2018-2023. Di mana ada 8 komponen yang dinilai antara lain ; administrasi dan manajemen, sumber daya manusia, keuangan dan sarpras, kegiatan, pencapaan SKU dan SKK garuda, prestasi, kemitraan dan humas serta penilaian kesesuaian di Gudep Mantap.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Wonosobo M Albar memberikan apresiasi positif dengan dilaksanakannya penilaian Gudep Mantap oleh Kwarda Gerakan Pramuka Jateng di Pangkalan 03/04, SD Negeri 2 Wonosobo.

“Saya memberikan apresiasi positif dengan dilaksanakannya penilaian Gudep Mantap di Pangkalan 03/04, SD Negeri 2 Wonosobo, bukan hanya sebatas untuk menilai pengelolaan giat kepramukaan dan administrasi di Gudep Mantap,” harapnya.

Tetapi lebih dari itu, imbuhnya, perlu melihat peran penting Pramuka saat ini, sebagai salah satu organisasi yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan serta memiliki peran strategis dalam pendidikan karakter generasi muda menjadi generasi yang siap menghadapi era yang penuh dengan tantangan ini.

“Juga generasi yang memiliki kepribadian, beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa”, kata Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Wonosobo itu.

8 Komponen

blank
Tim visitasi Gudep Mantap Kwarda Gerakan Pramuka Jateng meninjau Pangkalan 03/04 SDN 2 Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

Lebih lanjut, M Albar berharap lolosnya Pangkalan 03/04, SD Negeri 2 Wonosobo menjadi 6 besar penilaian Gudep Mantap tingkat Kwarda Gerakan Pramuka Jateng dapat menjadi spirit dalam membangun Wonosobo.

“Selain sebagai upaya dalam pembentukan karakter generasi muda, saya berharap lolosnya Pangkalan 03/04, SD Negeri 2 Wonosobo menjadi 6 besar penilaian Gudep Mantap tingkat Kwarda Gerakan Pramuka Jateng dapat menjadi spirit serta meneguhkan peran dari Pramuka dan seluruh komponen masyarakat,” katanya.

Tim Penilaian Gudep Mantap Kwarda Gerakan Pramuka Jateng Kakak Yesika menyampaikan bahwa penilaian Gudep Mantap pada dasarnya untuk memotret 8 komponen yang dinilai, sekaligus sebagai bahan evaluasi bagi pengembangan Gudep Mantap di tahun depan menjadi lebih baik.

“Gudep Mantap menjadi garda terdepan dan kawah chandradimuka bagi Pramuka Siaga dan Penggalang. Melalui penilaian ini diharapkan mampu menerapkan pendidikan kecakapan sesuai dengan postur perkembangan Pramuka Siaga sampai Pramuka Penggalang dalam rangka memantapkan pendidikan karekter untuk generasi muda”, ungkap Kakak Yesika.

Muharno Zarka