blank
SIMBOLIS - Menteri Sandiaga Uno menendang bola sebagai tanda pembukaan Dies Natalis ke-20 Poltek Harber Kota Tegal. (foto: istimewa)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengajak mahasiswa Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) Kota Tegal untuk Gercep (gerak cepat), Gerber (gerak bersama) dan Gaspol (Galang semua potensi).

“Kami di Kemenparekraf RI ingin menjajaki kerja sama. Dan yang terakhir, saya ingin bekali mahasiswa Politeknik Harber dengan 3G. Pertama, Gercep. Kalian mau sukses harus gerak cepat. G yang kedua Geber, gerak bersama, tidak akan sukses sendiri-sendiri, jika bersama kita akan mncetak peluang dan menjadi pemenang. Yang terakhir adalah gaspol yaitu galang semua potensi, termasuk potensi online,” kata Sandiaga Uno saat di Poltek Harber Kota Tegal, Minggu (03/07/2024).

Poltek Harber Kota Tegal menyelenggarakan rangkaian acara Dies Natalis ke-20 dengan mengundang Menteri Parekraf Sandiaga Salahuddin Uno. Direktur Politeknik Harapan Bersama, Agung Hendarto mengucapkan terima kasih dan suatu kehormatan yang luar biasa pak menteri dapat hadir di Poltek Harber. “Kita melakukan rangkaian acara Dies Natalis yang sudah ke 20 tahun, puncaknya di tanggal 08 Juli 2022,” kata Agung.

Agung menuturkan, Poltek Harber memiliki 11 Program Studi (Prodi) unggulan. Kemudian pada akhir studi, mahasiswa vokasi wajib mengerjakan tugas akhir yang akan melahirkan project/karya. “Kami perlu bimbingan pada Kemenparekraf untuk memproduksi project/hasil karya mahasiswa. Selain itu kami juga sudah berkerja sama dengan REACTOR School Singapura, sebagai investor untuk hasil tugas akhir mahasiswa yang layak layak untuk diproduksi,” kata Agung.

Dalam acara tersebut berlangsung penyerahan plakat, serta penyerahan kaos jersey dari Poltek Harber dan tendang bola ke gawang yang dilakukan oleh Sandiaga sebagai simbolis tanda pembukaan Dies Natalis ke-20.

Sandiaga Uno menyapa mahasiswa Poltek Harber dengan memberikan makna kata Harber. Harber/harbour dalam bahasa Inggris artinya pelabuhan. “Keberuntungan akan menghampiri, kepada siapapun yang berani. Jadikan Poltek Harber ini menjadi pelabuhan menuju kesuksesan,” kata Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno menuturkan tentang filosofi kerja empat as. Kerja yang pertama yaitu kerja keras, dalam mengarungi kehidupan kita harus mampu menjawab tantangan dengan kerja keras. Yang kedua yaitu kerja cerdas, tidak ada orang sukses kalo tidak menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta iman dan takwa (imtak).

“Ketiga, kerja tuntas, jangan pernah berhenti sebelum kerja tuntas, jangan ada yang kerjanya setengah-setengah. Dan yang terakhir yaitu kerja ikhlas, berikan ikhtiar terbaik sisanya serahkan pada yang di atas,” ucap Sandiaga.

Sandiaga yakin mahasiswa Poltek Harber akan mewujudkan visi misi Indonesia ke depan. Ada peran dari anak-anak muda untuk mengambil peluang mencetak masa depan.

Sutrisno