blank
KETERANGAN - Menparekraf Sandiago Uno didampingi Walikota Tegal Dedy Yon Supriono dan Bupati Tegal Umi Azizah beri keterangan kepada wartawan. (foto: Sutrisno)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) akan menjadi ujung tombak membuka 1,1 juta lapangan kerja baru di Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengatakan, optimisme kebangkitan ekonomi yang terlihat tampilan dari 27 peserta pameran UMKM bersama Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) yang dilaksanakan di Rita Mall Kota Tegal, Minggu (03/07/2022).

“Merekalah ujung tombak yang akan membuka 1,1 juta lapangan kerja baru. Jadi, saya Walikota Tegal, Dedy Yon Supriono, Bupati Tegal Umi Azizah merupakan rombongan yang jadi beli,” kata Sandiaga.

Kata Sandiaga, dirinya bersama Walikota Tegal, Dedy Yon Supriono, Bupati Tegal Umi Azizah, Sekda Kota Tegal Johardi merupakan Rojali (rombongan yang jadi beli) produk-produk ekonomi kreatif. Ga hanya ROHALI (rombongan yang hanya lihat-lihat).

“Kita semua menjadi Rogana (rombongan yang gak pakai nawar). Ini adalah bentuk keberpihakan kepada UMKM Kota Tegal dan Kabupaten Tegal yang potensi,” ujar Sandiaga.

UMKM yang disajikan mulai dari produk kuliner sampai dengan produk lainnya. “Jadi ekonomi kreatif ini akan kita dorong terus, sebagai tatanan ekonomi baru. Saya menaruh harapan yang besar,” ungkapnya.

Sementara Walikota Tegal, Dedy Yon Supriono kepada Sandiaga Uno melaporkan bahwa pihaknya akan selalu mempermudah perijinan terkait dengan UMKM.

Bupati Tegal Umi Azizah juga melaporkan pihaknya telah mengusulkan kepada Kemenparekraf terkait usulan terutama ekonomi kreatif dan permohonan gedung dewan kesenian.

Sutrisno