Sekretaris Kwarcab Kebumen Edy Sukamsi membuka pelatihan KMD bagi mahasiswa PGSD UNS Kampus Kebumen.(Foto:SB/PGSD Kebumen).

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Kampus PGSD Kebumen FKIP UNS mewajibkan mahasiswa untuk mengikuti kursus pembina Pramuka mahir tingkat dasar (KMD).

Sebab lulusan PGSD nanti tidak hanya menjadi guru, namun juga siap menjadi pembina Pramuka. KMD adalah kursus pembina pramuka mahir tingkat dasar yang memberikan bekal pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman praktis membina pramuka.

Sebanyak 112 mahasiswa PGSD UNS kampus Kebumen yang terdiri dari 17 peserta putra dan 95 putri mengikuti kegiatan KMD yang diadakan oleh Racana Ki Hajar Dewantara PGSD Kebumen bekerja sama dengan Pusat Pendidikan dan Latihan Cabang (Pusdiklatcab) Indrakila Kwarcab Kebumen.

Kegiatan berlangsung mulai 2-7 Juli 2022, diawali dengan pembukaan di Sanggar Pramuka Kwarcab Kebumen Jalan Tentara Pelajar dilanjutkan kegiatan berikutnya di Kompleks Kampus PGSD Kebumen, Kelurahan Panjer.

112 mahasiswa PGSD UNS Kampus Kebumen mengikuti KMD di Sanggar Pramuka Jalan Tentara Pelajar.(Foto:SB/PGSD Kebumen)

Guna menghasilkan para pembina Pramuka yang hebat, Ketua Kwarcab Kebumen yang diwakili Sekretaris, Kak Edi Sukamsi, SPd MPd. mengaku telah menyiapkan 18 pelatih handal yang telah bersertifikat KPD dan KPL untuk membina para peserta.

Menurutnya, KMD ibarat SIM yang harus dimiliki, sehingga dengan KMD seorang pembina tidak akan salah dalam membina anak-anak. Berbagai metode pembelajaran menarik akan diajarkan kepada para peserta yang dapat diterapkan kepada anak-anak nantinya agar menyukai pramuka dan menanamkan pendidikan karakter.

Semua materi kepramukaan juga akan diberikan secara full luring atau tatap muka selama 72 jam pelajaran, sehingga diharapkan mampu menciptakan para pembina pramuka yang handal dan profesional.

Peroleh Sertifikat Narakarya

Setelah selesai KMD, peserta dapat melanjutkan kegiatan pengembangan yang akan didampingi oleh pelatih. Ketika telah dinyatakan layak membina maka peserta akan memperoleh sertifikat narakarya dan dapat digunakan untuk mengikuti KML agar menjadi pelatih.

Para peserta terlihat disiplin dan sangat antusias mengikuti acara pembukaan KMD. Sebelum kegiatan dimulai, semua peserta telah siap dan menempatkan posisi dengan rapi. Gayuh, salah satu peserta mengaku kegiatan yang dilaksanakan sangat asyik. Peserta lainnya, Alsafina juga merasa senang mengikuti kegiatan ini.

Para pelatih menurutnya sangat energik, ramah, dan penuh kehangatan dalam menyambut para peserta. Ia berharap dengan mengikuti KMD akan menambah ilmu dan pengalamannya sehingga dapat diterapkan ketika menjadi pembina pramuka di SD kelak.

Kaprodi dan Kamabigus PGSD UNS Kampus Kebumen Dr Suhartono MPd. dalam sambutannya berharap setelah kegiatan KMD, para peserta memiliki kompetensi untuk membina pramuka di sekolah dasar.

Suhartono berpesan agar para peserta mengikuti semua kegiatan dan arahan dengan baik agar menjadi pembina yang dapat membina diri sendiri terlebih dahulu kemudian orang lain, sehingga nantinya akan lebih mudah dalam mengarahkan dan membina anak-anak.

Pada akhir sambutan, Suhartono menutup dengan dua bait pantun yang indah.

Jika membantu kaum kerabat
Jangan merasa sebagai utang
Jika pembina penuh semangat
Para peserta pasti kan senang

Menimbang padi memakai dacin
Kurang pas jangan ditambah batu
Jadi pramuka harus disiplin
Rancang acara tepati waktu

Komper Wardopo