Aksi teatrikal digelar di event CFD Solo, menampilkan Presiden Rusia dan Ukrania duduk semeja dengan Presiden Jokowi.(Dok.Republuk Aeng-Aeng)

SOLO (SUARABARU.ID) – Dua ‘presiden’ yang sedang berseteru, yakni Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukrania Volosymir Zelenskyy, duduk satu meja dengan Presiden Indonesia Jokowi.

Aksi teatrikal ini, Minggu (3/7), mewarnai event Car Free Day (FCD) di Ruas Jalan Slamet Riyadi Kota Solo. Tiga ‘Presiden’ itu duduk satu meja di halte Bus Kota Solo Batik Trans. Dengan posisi Prasiden Jokowi berada di tengah.

Dalam aksi teatraikal yang digagas Presiden Republik Aeng-Aeng, Mayor (bukan tentara) Haristanto ini, mengesankan agar dua presiden yang tengah berseteru tersebut, mau berdamai sebagaimana ajakan Presiden Jokowi.

Yakni ajakan untuk segera menyudahi perang, dan segera berdamai dengan saling menghargai eksistensi kedaulatan negara masing-masing.

Mayor Haristanto, Tokoh Kreatif Kota Bengawan yang pernah menerima 31 anugerah rekor pemecahan dunia dari MURI, mengatakan, inilah cara Wong Solo mengapresiasi tindakan heroik Jokowi yang melawat ke Ukraina dan Rusia. Yaitu dua negara yang tengah berperang, untuk tujuan mendamaikannya.

Dalam aksi teatrikal itu, Presiden Jokowi diperankan Yenyen Wahyono, Presiden Rusia oleh Djoko Santosa dan Presiden Ukraina oleh Mayor Haristanto. Ketiganya mengenakan topeng wajah masing-masing Presiden tiga negara tersebut, lengkap dengan membawa bendera ketiga negara masing-masing.

Langkah Berani

Kata Mayor, langkah berani Presiden Jokowi patut dihargai dan didukung. Tidak banyak negara yang Presidennya seberani dengan Presiden Indonesia, untuk hadir di tengah konflik antarnegara. ”Semoga Rusia dan Ukrania segera berdamai,” tandas Mayor Haristanto.

Aksi teatrikal ini mendapat atensi publik. Banyak warga yang meminta untuk membuat dokumen melalui cara berswafoto atau selfi bersama ketiga tokoh tersebut.

Bahkan ada yang minta bersalaman juga. Salah satu warga yang hadir, yakni Vito asli kelahiran Palembang yang kini tinggal di Solo, menyambutnya dengan gembira.

Vito bahkan bergaya untuk membuat foto kenangan, dan bersedia pula mengenakan topeng Presiden Rusia Vladimir Putin. ”Damailah di bumi ini. Perang bikin susah semuanya,” ujar Vito yang memiliki nama lengkap Vito Aelsi Multazam Akbar.

Beda lagi dengan Momi Satyotomo. Warga Solo ini, memilih topeng kertas Presiden Jokowi. ”Jokowi tokoh pemberani, salut dan hormat untuk Pak Presiden kita, Semoga usaha beliau bisa menentramkan dunia,” kata Momi, setelah membuat foto bersama.

Bambang Pur