blank
Sukarelawan PMI Keb umen mengikuti pelatihan SDM di Jemur Adventure Park 1-3 Juli 2022.(Foto:SB/Humas PMI)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Dalam upaya meningkatkan kapasitas sukarelawan, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kebumen mendapat dukungan Japanese Red Cross Society (JRCS) menggelar pelatihan manajemen posko dan pusat data informasi (Pusdatin).

Acara berlangsung selama tiga hari, 1-3 Juli 2022 bertempat di Jemur Adventure Park Desa Jemur, Kecamatan Kebumen. Diikuti 30 sukarelawan dari unsur Korp Sukarela (KSR), Tenaga Sukarela (TSR) dan Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT).

Mengundang narasumber handal dihadirkan empat fasilitator yakni Uko Ferdianto ST dari BPBD Kebumen, Agus Wibowo fasilitator PMI Provinsi Jateng, Alwan Rifai fasilitator PMI Banjarnegara, dan Robiatul Adawiyah yang merupakan fasilitator internal PMI Kebumen, disambut antusias oleh peserta pelatihan.

blank
Ketua PMI Kebumen Sabar Irianto memberi pengarahan pada pelatihan SDM sukarelawan.(Foto:SB/Humas PMI)

Ketua PMI Kebumen Sabar Irianto turut mengapresiasi semangat para sukarelawan dalam mengikuti pelatihan dan akan menambah jejaring lebih luas untuk Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops).

“Tentunya kami sangat senang melihat semangat belajar teman-teman sukarelawan dalam rangka pelatihan manjemen posko yang di dukung penuh Palang Merah Jepang ini dapat memperkaya keterampilan sumber daya manusia utamanya untuk posko PMI Kabupaten Kebumen. Disamping itu tentu sangat jelas bersama Pak Uko BPBD relawan PMI dapat menambah relasi dalam Pusdalops di Kabupaten Kebumen kedepannya” Ujarnya

Sementara itu Plt Kepala Markas PMI Kebumen Muhammad Muslim Mustofa mengatakan, agenda pelatihan manajemen posko telah terstrukur dan terukur mengingat pelayanan posko PMI Kebumen 24 jam untuk masyarakat agar dapat diberikan secara optimal.

Menurut Muslim Mustofa, manajemen posko merupakan agenda yang terstruktur dan terukur. Mengingat PMI Kebumen membuka layanan posko 24 jam, dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan kapasitas sukarelawan PMI dalam upaya menunjang pelayanan agar semakin prima dan optimal dengan memaksimalkan peralatan posko dan menugaskan tim yang terlatih.

Peserta memperoleh beberapa materi. Meliputi Jejaring dan Kemitraan, linkage Pusdalops, Mekanisme Tanggap Darurat Bencana serta materi penunjang lainnya meliputi Struktur dan Mekanisme Posko PMI, sistem analisis dan pemrosesan data, EWEA, Assesment, Radio komunikasi, serta pelaporan dan simulasi.

Komper Wardopo