blank
Anas Syahirul (kanan), menerima pataka dari Wakil Ketua PWI Pusat, Zulkifli, usai terpilih kembali sebagai Ketua PWI Surakarta periode 2022-2027. Foto: js bi

SOLO (SUARABARU.ID)– Peserta Konferensi Wartawan Indonesia yang diadakan di Solo, Sabtu (2/7/2022), memilih secara aklamasi Anas Syahirul Alim, untuk kembali menjadi Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Surakarta, periode 2022-2027.

Dari 62 undangan yang ada, dihadiri lebih dari dua pertiga. Dan saat penjaringan calon, semuanya mengusulkan calon tunggal, Anas Syahirul Alim. Tidak ada nama lain yang muncul di acara konferensi wartawan Solo itu.

Ada pun untuk calon Ketua Dewan Kehormatan PWI, seperti dikutip dari joglosemarnews.com, Sabtu (2/7/2022), muncul tiga nama yang diusulkan peserta, yakni Bagus Atas Aji, Budi Santoso dan Anjar Hari Wartono.

BACA JUGA: Kemenkumham Jateng Gelar Tenis Fun Mantapkan Persiapan Turnamen PTP

Namun pada pernyataan kesediaan dicalonkan, Bagus Atas Aji menyatakan tidak bersedia, dan Budi Santoso tidak hadir. Sedangkan Anjar bersedia, sehingga dia terpilih secara aklamasi.

Pimpinan Sidang, Sodiq mengatakan, berdasarkan hasil pemilihan itu, keduanya diberi hak untuk memilih anggota formatur, guna memilih personel sekretaris dan bendahara, serta kelengkapan pengurusnya.

Alhamdullilah acara berlangsung lancar. Keduanya terpilih secara aklamasi,” kata Sodiq dalam keterangannya usai acara.

BACA JUGA: 237 Atlet Panjat Tebing Ramaikan Pra Porprov Jateng, Targetkan 4 Medali Emas di PON XXI

Untuk formatur, dipilih lima orang berdasarkan sejumlah unsur. Di antaranya unsur keterwakilan perempuan dan daerah.

Selanjutnya dua ketua terpilih segera mengadakan rapat, dan selambat-lambatnya satu minggu segera diputuskan personel lengkap semua pengurus PWI Surakarta.

Sementara itu, Ketua PWI Surakarta terpilih, Anas Syahirul, menyambut baik amanah yang dia terima itu. Anas berkomitmen untuk membawa PWI Surakarta lebih baik dan lebih maju lagi.

BACA JUGA: PLTMH Energi Terbarukan Menunjang Perekonomian Masyarakat Desa Karangtengah

”Kami berkomitmen, mari bersama-sama membawa PWI Surakarta semakin sukses,” ujar Anas usai terpilih.

Sedangkan Wakil Ketua PWI Pusat, Zulkifli, yang hadir pada acara itu meminta, agar pengurus baru segera merampungkan susunan pengurus secara lengkap, sesuai tata-tertib PWI.

”Kami bangga menyaksikan langsung proses pemilihan Ketua PWI Surakarta yang berlangsung secara demokratis, dan boleh dikata cepat lancar,” tandas Zulkifli.

Riyan