Akmil Magelang
Setelah menyelesaikan pendidikan selama empat tahun di Akademi Militer Magelang, sebanyak 287 taruna/taruni tingkat IV Akademi Militer melakukan kirab pamitan kepada masyarakat Kota Magelang. Foto; W. Cahyono

MAGELANG (SUARABARU.ID)- Sebanyak 287 taruna tingkat IV Akademi Militer (Akmil)Magelang yang terdiri atas 169 taruna dan 18 taruni  berpamitan kepada masyarakat Kota Magelang , setelah menyelesaikan pendidikan militer di Akademi Militer Magelang.

Pada kirab pamitan para taruna tersebut dilaksanakan di Alun-Alun  timur Kota Magelang. Sabtu ( 2/7/2002), mendapat sambutan dari masyarakat Magelang yang telah menunggu di jalan –jalan yang dilalui peserta kirab.

Di barisan terdepan,  marching band kebanggaan Akmil Magelang  Genderang Seruling Caka Lokananta, merupakan pasukan  membuka kirab. Kemudian disusul taruna/taruni tingkat IV, III, II dan taruna tingkat I.

Akademi Militer Magelang Gubernur Akmil, Mayjend TNI Legowo W R Jatmiko. Foto; W. Cahyono
Gubernur Akmil, Mayjend TNI Legowo W R Jatmiko. Foto; W. Cahyono

Adapun jalan-jalan yang dilalui para peserta kirab, yakni sepanjangb 3,5 kilometer dari Alun-alun Timur, Jalan Pemuda, Jalan Tidar, Jalan Gatot Soebroto dan kembali ke Ksatrian Akmil Magelang.

“Sebelum melaksanakan kirab pamitan, ke-287 taruna-taruni Akmil tersebut melakukan tradisi ziarah ke makam  tokoh TNI yakni Jenderal Soedirman di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa, Jogjakarta dan makam Jenderal Gatot Soebroto di Ungaran, Kabupaten Semarang dan juga di Taman Makam Pahlawan Giri Loyo Magelang,” kata Gubernur Akmil, Mayjend TNI Legowo W R Jatmiko.

Menurutnya, tujuan dari kirab taruna tersebut yakni mohon diri kepada masyarakat Kota Magelang, setelah para taruna tingkat IV tersebut mengikuti pendidikan militer selama empat tahun di Kawah Chandradimuka Akmil Magelang.

Ia mengatakan, kirab  tersebut  merupakan kirab pamitan taruna Akmil yang pertama kali, setelah dua tahun tidak dilakukan karena adanya pandemi covid-19.

Selama adanya pandemic covid-19, pihaknya tidak melakukan kirab pamitan kepada masyarakat Magelang , melainkan pamitannya secara door to door ke sejumlah tokoh-tokoh masyarakat di Magelang ini.

“Sebelumnya, mereka telah mengikuti penutupan pendidikan dan wisuda yang dipimpin KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurahman 30 Juni kemarin. Sedangkan pada 14 Juli mendatang akan mengikuti sumpah Prasetya Perwira di Istana Negara Jakarta dengan inspektur upacara, Presiden RI Joko Widodo,” katanya.

 

Wakil Wali Kota Magelang, M Mansyur dalam sambutannya mengatakan, kirab pamitan para taruna-taruni Akmil yang  telah menyelesaikan pendidikan selama empat tahun  di Akmil Magelang tersebut, merupakan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Kota Magelang

“Kegiatan ini sekaligus sebagai motivasi serta inspirasi bagi para
generasi muda  khususnya kalangan pelajar, untuk dapat mengabdikan diri kepada bangsa dan negara,”katanya.
Ia mengatakan,  kirab taruna tersebut  juga  menambah kemeriahan Kota Magelang dan dapat menjadi hiburan bagi masyarakat.
“Kirab  ini  juga merupakan kegiatan yang telah berjalan sejak lama dan berkesinambungan sebagai suatu tradisi korps taruna Akmil ,”katanya.  W. Cahyono