blank
Menandai hari terakhir berdinas, Asisten III Bambang Supriyoko mencopot papan namanya dari gantungan yang terpasang di depan pintu ruang kerjanya.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Asisten III Sekda Bidang Administrasi Umum Pemkab Pacitan, Bambang Supriyoko, terhitung mulai Jumat hari ini Tanggal 1 Juli 2022 memasuki masa pensiun dari Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pada hari kerja terakhirnya, Kamis sore (29/6), Pejabat Eselon II tampil nyentrik, yakni pulang ngantor dengan cara berlari.

Perilakunya yang nyentrik ini didukung oleh komunitas Runners Pacitan. Puluhan warga pecinta olahraga lari, menyertai Bambang Supriyoko dengan bareng-bareng berlari dari Kantor Sekretariat Pemkab Pacitan, pulang menuju rumah kediamannya.

Prokopim Pemkab Pacitan, semalam, mengabarkan, Kamis sore (30/6) Pukul 15.30, menjadi waktu Bambang Supriyoko membubuhkan paraf terakhir pada berkas yang disodorkan oleh salah seorang staf administrasi.

Setelah memberi nasehat singkat, Asisten Administrasi Umum tersebut kemudian berkemas-kemas. Menutup tirai jendela, menutup pintu dan mencopot papan namanya yang terpasang di gantungan depan pintu ruang kerjanya. Kemudian menuju mesin fingerprint untuk presensi pulang.

Kamis Tanggal 30 Juni 2022 itu, menjadi hari terakhir bagi sosok Bambang Supriyoko mengabdikan diri sebagai PNS di lingkup Pemkab Pacitan. Karena terhitung mulai Tanggal 1 Juli 2022 hari ini, sudah memasuki masa pensiun.

Terkait dengan sikapnya yang nyentrik berlari, memang dia menyukai olahraga atletik tersebut. Bambang Supriyoko, pria kelahiran Pacitan Tanggal 30 Juni 1962, menjadi salah satu tokoh yang dituakan di klub lari Pacitan Runners.

Nilai Folosofi

Baginya, lari tidak hanya sekedar untuk olahraga menjaga kebugaran tubuh saja, tetapi lari juga mempunyai nilai filosofi sendiri. ”Berlari juga merupakan simbol bahwa kita harus selalu berusaha mengejar ketertinggalan. Agar kualitas diri kita menjadi lebih baik lagi,” jelas Bambang.

blank
Asisten III Bambang Supriyoko (kiri) menyalami para pelari dari Runners Pacitan, sebelum kemudian bersama mereka berlari untuk menandai hari terakhir berdinas di Pemkab Pacitan.(Dok.Prokopim Pacitan) 

Sebelum berlari, Bambang berpamitan dengan Sekretaris Daerah (Sekda), Heru Wiwoho beserta para ASN di lingkup Setda Pacitan. Di luar kantor, Bambang Supriyoko, sudah disambut komunitas lari Pacitan Runners untuk mulai berlari bersama-sama.

Start berlari dari Kantor Setda Pacitan dilepas dengan kibasan bendera start layaknya dalam perlombaan lari. Routenya, berlari dengan melintasi kantor-kantor dimana Bambang Supriyoko pernah berdinas, sebelum menuju finish di rumah kediamannya.

Pejabat dengan pangkat Pembina Utama Muda ini, pernah menjabat sebagai Kepala Kantor Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan, Kepala Dinas Pangan, dan Kepala Dinas Pertanian.

Jabatan terakhir di jajaran birokrasi Pemkab Pacitan adalah menjadi Asisten Administrasi Umum Setda Pemkab Pacitan. Yang itu dia jalani sampai memasuki masa purna tugas. Selamat Pak Bambang, terimasih atas semua pengabdianmu. Semoga sehat selalu dan bahagia.

Bambang Pur