blank
Rapat koordinasi penundaan pelaksanaan Liga 1 dan Liga 2 di Polres Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Laga lanjutan di putaran terakhir babak penyisihan grup, putran 8 besar, semifinal hingga final kompetisi sepakbola Liga 1 dan Liga 2 yang digelar Askab PSSI Wonosobo yang dimainkan di lapangan Gelora Sindupaten Kertek dan lapangan Istiqomah Jlamprang Leksono, mulai hari ini, terpaksa ditunda.

Kepastian penundaan pelaksanaan Liga 1 dan Liga 2 terungkap saat Kapolres Wonosobo AKBP Eko Novan Prasetyo Puspito, SIK MSI menyampaikan permintaan hal tersebut kepada Ketua Umum Askab PSSI setempat Wahyu Lembu Suro Nugroho dalam rapat koordinasi bersama di Ruang Indra Dharma Laksana Polres, Kamis (30/6/2022).

Rapat koordinasi bersama diikuti jajaran Polres, beberapa pengurus harian Askab PSSI, Panpel Liga 1 dan Liga 2, papel lokal Desa Sindupaten dan Desa Jlamprang, unsur Forkompimcam Kertek dan Leksono serta koordinator suporter masing-masing klub.

AKBP Eko Novan Prasetyo Puspito SIK MSi menyampaikan penundaan pelaksanaan lanjutan Liga 1 dan Liga 2 diambil karena di dua pertandingan sebelumnya, telah terjadi tindakan kekerasan oleh suporter Dinasty FC Keseneng pada asisten wasit dan pemukulan terhadap aparat kepolisian oleh suporter Persesen Sendangsari.

“Karena itu, demi keamanan wilayah, kami minta laga Liga 1 dan Liga 2 sementara waktu ditundu dulu. Silahkan Askab PSSI, panpel Liga 1 dan Liga 2 serta panpel lokal menata ulang jadwal pertandingan. Pengamanan juga harus lebih diperketat. Sebab aparat TNI-Polri terbatas sedang suporter sangat banyak,” ujarnya.

Jadwal Ulang

blank
Panpel Liga 1 dan Liga 2 serta suporter klub foto bersama jajaran Polres setempat. Foto : SB/Muharno Zarka

Ketum Askab PSSI Wonosobo Wahyu Lembu Suro Nugroho menyatakan siap untuk melakukan penundaan pertandingan lanjutan Liga 1 dan Liga 2 demi keamanan bersama. Jalannya pertandingan antar klub sebenarnya sudah berlangsung sangat baik. Namun suporter yang jumlahnya di luar perkiraan sulit untuk dikendalikan.

Pihaknya juga akan memerintahkan Panpel Liga 1 dan Liga 2 langsung menggelar rapat untuk menjadwal ulang pelaksanaan pertandingan dan pengamanan sebaik mungkin. Sehingga kasus yang terjadi sebelumnya tidak terulang lagi di pertandingan selanjutnya.

“Liga 1 dan Liga 2 digelar guna mencari bibit pemain sepakbola. Askab PSSI Wonosobo juga telah membuat regulasi sesuai yang ada di peraturan organisasi (PO) PSSI. Pakta integritas untuk sepakbola yang aman damai dari masing-masing klub juga telah disepakati dan ditandatangani bersama,” tegasnya.

Ketua Panpel Liga 1 dan Liga 2 Askab PSSI Wonosobo Hanif Rifki menambahkan pihaknya telah menyusun jadwal baru lanjutan Liga 1 dan Liga 2, baik yang akan dimainkan di lapangan Gelora Sindupaten maupun lapangan Istiqomah Jlamprang, mulai Sabtu (2/7/2022) hingga final Selasa (12/7/2022) mendatang.

“Tapi itu baru sebatas usulan yang diajukan ke Polres Wonosobo. Kepastian waktu dan tempat lanjutan pertandingan Liga 1 dan Liga 2 menunggu perkembangan berikutnya. Putaran terakhir penyisihan grup di Liga 1 dan Liga 2 yang semestinya digelar hari ini juga sudah ditiadakan,” ucapnya.

Muharno Zarka