Bupati Blora serahkan secara resmi melepas288 Calon jamaah haji ke Panitia Embarkasi Solo. Foto: Kemenag Blora

BOYOLALI (SUARABARU.ID) – Calon Jamaah haji Kabupaten Blora yang berjumlah 288 orang Kamis (30/6/2022), tiba di Asrama Haji Donohudan, Ngemplak Boyolali, setelah dilepas Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, ST., MM., dari Pendopo Rumah Dinas Bupati.

Rombongan jamaah calon haji ini kemudian menempuh perjalanan dengan bus melalui toll Ngawi – Solo, dan disambut oleh Bupati Blora di Asrama Haji Donohudan untuk diserahkan secara resmi ke Panitia Embarkasi Solo.

Sejumlah 216 jamaah calon haji masuk kloter 40 tiba di Donohudan pukul 10.00 WIB, sedangkan sisanya 72 jamaah calon haji masuk kloter 41 tiba di Donohudan pukul 19.00 WIB.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Blora, H. M. Kafit S.Ag., M.Pd., menerangkan bahwa setelah serah terima dari Bupati ke pihak Embarkasi, jamaah calon haji akan mengikuti cek kesehatan terakhir sebelum terbang.

Cek kesehatan, bermalam semalam untuk menerima pengarahan, dan jadwalnya terbang besok tanggal 1 Juli 2022. Untuk kloter 40 Blora bergabung dengan jamaah Temanggung akan terbang besok pukul 10:55 WIB, nomor penerbangan GIA6140. Sedangkan kloter 41 Blora bergabung dengan Wonogiri dan Kota Surakarta akan terbang besok pukul 18:55 WIB, nomor penerbangan GIA6141,” ungkap H.M.Kafit.

Pada kesempatan itu, Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., mengatakan bahwa usai pandemi, akhirnya tahun ini jamaah calon haji bisa berangkat kembali.

“Alhamdulillah setelah dua tahun off karena pandemi, akhirnya tahun ini Haji bisa berangkat kembali. Tiga tahun lalu kita mengantar dan menyerahkan jamaah calon haji seperti ini, dan kini di 2022 bisa kita laksanakan kembali. Bersyukurlah akhirnya yang harus berangkat 2020 akhirnya berangkat di 2022,” ucap Bupati Blora.

Dirinya lantas berpesan agar seluruh jamaah calon haji bisa menjaga kesehatan selama menjalani ibadah di Tanah Suci.

“Pasalnya di Arab Saudi sana suasananya tidak seperti di Indonesia, cuacanya berbeda sekali, lebih panas. Sehingga kami minta seluruh jamaah bisa menjaga kesehatan. Ini yang utama agar ibadah bisa berjalan lancar. Semoga berangkat 288, pulang utuh 288 dengan predikat haji mabrur, aamiin,” lanjut Bupati H. Arief.

Bupati juga menyampaikan bahwa haji tahun ini merupakan momentum spesial karena wukuf akan jatuh pada Jumat.