Bagi masyarakat sekitar waduk Greneng sebagai nelayan lokal, memancing ikan menjadi sumber kehidupannya, hasil tangkapannya untuk dijual di sekitar Kecamatan Tunjungan.

Namun di sisi lain nyatanya gemar memancing berbiaya yang cukup besar, seperti yang disampaikan oleh Jarot, pemancing mania, spesialis lomba mancing 26 Juni 2022 di waduk greneng kemarin.

Spesialis pemancing mania Blora, Jarot, mengatakan bahwa lomba mancing dengan ikan master dalam even Galatama, memiliki biaya yang cukup besar, untuk tiket per jam bisa ratusan ribu rupiah, belum umpannya, makan minum dan rokoknya, serta BBM kendaraannya.

“Untuk mancing Galatama, yang berjalan tiga jam, bisa mengeluarkan biaya sampai Rp.500Ribu, dalam sekali lomba, tapi hadiahnya juga lumayan jutaan rupiah, kalau strike dapat master ikan terbesar, jadi ini adalah hobby yang mahal lho,” ujar Jarot Gobyos.

Telisik Bisnis Perikanan

Benar saja, saat awak media ini menelisik seluk beluk bisnis kolam pancing, rata – rata omzetnya bisa mencapai puluhan juta rupiah per-bulan, sungguh potensi ekonomi yang menakjubkan untuk dikembangkan di embung-embung atau waduk di Kabupaten Blora.