Para petugas Siskamling di Dusun Wonosobo, Desa Gedong, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri, mendapatkan pelatihan dasar bela diri Polri.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Warga masyarakat yang menjadi petugas Keamanan Lingkungan (Kamling) di Dusun Wonosobo, Desa Gedong, Kecamatan  Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri, mendapat pelatihan bela diri Polri.

Kapolres Wonogiri AKBP Dydit Dwi Susanto dan Kasat Binmas AKP Setiyono melalui Kasubsi Penmas Humas Polres Wonogiri Aiptu Iwan Sumarsono, Rabu (22/6), menyatakan, pelatihan diberikan dalam persiapan maju lomba Siskamling ke tingkat Polda Jawa Tengah.

Pelatihan bela diri Polri, diberikan melalui gerakan dasar pukulan atas, tengah dan bawah serta teknik mengunci lawan. Semua dilakukan dengan tangan kosong tanpa menggunakan senjata.
Kepada mereka, juga diberikan pelatihan dasar Peraturan Baris-Berbaris (PBB).

Mereka juga memperoleh pembimbingan tentang administrasi Siskamling, yang meliputi cara penulisan dan pengisian buku tamu serta buku mutasi piket. Juga dibimbing tentang bagaimana cara menyikapi saat ada kontrol pejabat yang merondai Poskamling dalam upaya mewujudkan situasi dan kondisi Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) yang mantap dan terkendali.

Pelatihan dan pembimbingan diberikan oleh Tim Satbinmas Polres Wonogiri yang dipimpin Kanit Kamsa Ipda Suyoto. Kepada petugas Kamling dan warga masyarakat, diberikan pengarahan bagaimana mewujudkan kehidupan yang guyub rukun, dalam mendukung terciptanya Kamtibmas.

Untuk memantapkan pembinaan dan pemberian bimbingan serta pelatihan, dilakukan praktek melalui simulasi peragaan Siskamling sesuai dengan parameter yang ditetapkan dalam acuan perlombaan.

Bambang Pur