blank
Ganjar saat melakukan pemantauan PPDB di SMAN 5 Semarang. Foto: humas

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyatakan, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), hingga pelaksanaan hari kelima berjalan lancar, tanpa kendala berarti. Ganjar juga mengimbau kepada para orang tua, untuk mendampingi anaknya dan menyiapkan alternatif sekolah.

Hal itu disampaikannya, usai meninjau PPDB di SMAN 5 Semarang, Senin (20/6/2022). Ganjar menegaskan, sejak dimulai pada Rabu (15/6/2022) lalu, hingga hari ini tidak ada kendala yang berarti.

”Tetapi ada beberapa kesulitan kecil, yakni saat menginput. Sehingga ada satu desk kita siapkan untuk membantu,” kata Ganjar di sela peninjauan.

BACA JUGA: Takut Merugi Karena PMK, Pedagang Hewan Kurban Enggan Jual Sapi

Desk itu dikhususkan bagi calon peserta didik yang mengalami kendala saat mendaftar online. Mereka rata-rata kesulitan saat melakukan penginputan.

”Termasuk dalam proses verifikasi, ternyata ada potensi data yang tidak sama. Maka nilai tadi disampaikan semua, sehingga bisa cepat untuk dilakukan verifikasi” ujar dia.

Ganjar juga menyampaikan, para calon peserta didik dan orang tua jangan bergantung pada satu sekolah saja yang dipilih. Sebab, dengan sistem zonasi akan memperketat proses seleksi.

BACA JUGA: Tren Kenaikan Kasus Covid-19 Terus Dipantau

”Kita mengingatkan, kalau sudah input data jangan lupa daftar, diinfokan. Bahkan tadi di SMAN 5 Semarang, dimintain nomor telponnya,” imbuhnya.

Dijelaskan pula, sampai hari ini belum ada laporan kendala PPDB. Pelaksanaan masih berjalan dengan baik dan lancar. ”Sampai hari ini belum ada kendala, masih baik-baik saja,” tukasnya.

Sementara itu, Sekertaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng, Suyanta menambahkan, sampai hari ini keluhan yang diterima terkait PPDB, hanya terkait soal teknis. Dari pihak sekolah sendiri, sudah menyiapkan desk bantuan untuk melayani kesulitan orang tua dan calon peserta didik.

”Secara umum pihak dinas pendidikan bersama tim dan sekolah, berusaha melayani PPDB dengan baik. Teknis maupun non teknis disiapkan,” tandasnya.

Riyan