blank
Tendangan bola pertama oleh Pangdam IV/Diponegoro, tanda dimulainya pertandingan Piala Kasad Liga Santri PSSI Tahun 2022, di lapangan sepak bola Yonarhanud/15 DBY. Foto: Ning Suparningsih

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Pembukaan Piala Kasad Liga Santri PSSI Tahun 2022 digelar serentak di 34 Provinsi, Senin (20/6/2022).

Dalam sambutan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abudurachman yang dibacakan Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Widi Prasetijono berharap, seluruh rangkaian pertandingan dapat terselenggara sesuai jadwal.

Disampaikan, sepak bola menjadi salah satu olahraga yang sangat diminati masyarakat dari semua kalangan di berbagai negara. TNI AD menaruh perhatian terhadap sepak bola sebagai salah satu cabang olahraga yang diharapkan mampu mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Harapan itu yang menjadikan TNI AD bersama PSSI tergugah untuk membangun sebuah komitmen bersama untuk kemajuan dunia sepak bola tanah air dengan menggelar kompetisi Liga Santri yang diikuti seluruh santri pondok pesantren yang ada di Indonesia.

“Kegiatan ini sebagai wadah silaturahmi para santri seluruh Indonesia yang ada di 34 Provinsi. Pertandingan Piała Kasad Liga Santri PSSI Tahun 2022, diawali dari pertandingan tingkat kabupaten/kota dari tanggal 20 Juni hinggs 30 Juli 2022.

Kemudian pertandingan tingkat Provinsi dari tanggal 7 Agustus hingga 23 September 2022, serta pertandingan tingkat nasional yang menampilkan tim-tim terbaik dari Provinsi akan dilaksanakan dari 25 September hinggs 22 Oktober 2022.

Melalui kompetisi ini, diharapkan mampu menciptakan kemanunggalan TNI dengan rakyat. Menurutnya, hanya pemain yang bermental kuat lah dan memiliki jiwa petarung yang akan mencapai kemenangan dan hasil terbaik dałam setiap pertandingan.

“Setiap pertandingan harus dilakukan dengan penuh semangat dan menjunjung tinggi sportivitas. Tunjukkan kemampuan yang kalian miliki seoptimal dan semaksimal mungkin untuk mencapai prestasi yang terbaik, dan hindari perilaku emosional,” tandasnya.

Sementara untuk Kodam IV/Diponegoro sendiri, pembukaan Piala Kasad dilaksanakan di Lapangan sepak bola Yonarhanud 15/DBY yang dibuka oleh Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Widi Prasetijono.

“Di wilayah Kodam IV/Diponegoro, ada 164 tim yang bermain dari seluruh Kodim jajaran sebagai pelaksananya, dan ada 5000 orang yang terlibat dalam kegiatan ini,” ungkap Pangdam.

“Untuk babak penyisihan kita laksanakan mulai dari kabupaten/kota. Untuk jajaran Provinsi nanti pelaksanaan menyesuaikan perkembangan. Sedangkan final akan dilaksanakan pada bulan Oktober di Jakarta,” kata Pangdam

Menurut Pangdam, tujuan kegiatan ini adalah menjaring pemain berbakat dari para santri, karena kemungkinan mereka (para santri) yang sibuk belajar, justru memiliki bakat terpendam.

“Kami berharap kegiatan ini memberikan kebahagiaan untuk para santri. Ini juga bisa sebagai hiburan para santri yang selama ini sibuk dengan belajar khususnya ilmu agama,” imbuhnya.

Sementara itu Kick Off babak 1 pertandingan Piala Kasad Liga Santri PSSI Tahun 2022 di lapangan sepak bola Yonarhanud 15/DBY diawali tendangan bola pertama oleh Pangdam IV/Diponegoro.

Ning Suparningsih