blank
Film 'Broker' yang dibintangi IU. Foto: Tangkapan layar Tix.id

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Film Broker yang berasal dari Korea Selatan ini telah tayang di berbagai bioskop di Indonesia pada tanggal 16 Juni 2022. Film yang menceritakan soal perdagangan bayi dan menjadi isu global ini dibintangi oleh berbagai aktor dan aktris ternama dari Korea Selatan, termasuk penyanyi IU.

Tak hanya itu, film ini juga digadang akan mengalahkan deretan film Korea yang hits pada jamannya, seperti Train To Busan dan Parasite yang rilis beberapa tahun lalu.

Dilansir dari Suara.com, Simak inilah 5 fakta film Broker selengkapnya.

Baca Juga: Film ‘Ngeri-Ngeri Sedap’ Tembus Lebih dari Sejuta Penonton dalam 11 Hari

1. Deretan bintang perankan film Broker

Para deretan bintang film juga telah meramaikan film ini dan mengambil peran masing-masing. Sebut saja seperti IU yang berperan sebagai So-Young, dan aktor Song Kang-Ho yang berperan sebagai Sang-hyeon.

Lalu ada aktris ternama Bae Doona yang berperan sebagai Soo-jin, serta aktor kenamaan yang ikut berperan dalam film Train To Busan Peninsula, dan Kang Dong Won yang di film ini berperan sebagai Dong-soo.

2. Sinopsis film

Film bergenre drama ini menceritakan tentang kasus perdagangan bayi yang saat ini masih marak terjadi di berbagai belahan dunia, termasuk Korea Selatan.

Baca Juga: Tujuh Fakta Menarik Film “Ms Marvel”

Cerita film ini berawal saat Sang-hyeon yang diperankan oleh Song Kang Ho bekerja sebagai makelar perdagangan bayi. Berbagai cara ia lakukan untuk bisa melakukan hal haram tersebut demi mendapatkan pundi pundi uang.

3. IU akui kesulitan mendalami peran

Dalam sebuah kesempatan, IU pernah mengungkap kesulitan yang dialaminya ketika dirinya harus berperan sebagai So-Young, wanita yang meninggalkan bayinya di sebuah kotak bayi dan berjuang demi hidupnya.

Ia juga mengatakan bahwa dirinya juga kesulitan berkomunikasi dengan bayi karena belum terbiasa sebelumnya. Sifat keibuan yang belum ia temukan dalam dirinya mengharuskannya memaksakan diri untuk berempati.

Baca Juga: Enam Fakta Menarik Film KKN di Desa Penari

4. Masuk deretan film di Festival Cannes ke 75

Film ini ternyata menjadi salah satu jajaran film yang diundang dalam Kompetisi Film Internasional De Cannes ke 75 pada akhir Mei kemarin. Tak hanya itu, film Broker ini juga berhasil memenangkan gelar aktor terbaik dalam Festival Cannes di tahun 2022 ini.

5. Sutradara film dari Jepang

Isu perdagangan manusia atau human trafficking menjadi tema utama film ini. Isu itu digarap oleh seorang sutradara dari Jepang bernama Hirokazu Koreeda, yang memang dikenal cukup concern terhadap isu perdagangan manusia.

Film Broker ini juga menjadi salah satu film yang digarap cukup lama oleh Hirokazu sepanjang kariernya, yaitu selama 5 tahun hingga akhirnya berhasil tayang di berbagai negara di dunia.

Claudia