blank
Gedung KONI Kabupaten Demak yang sudah tua dan banyak kerusakan, akan segera dirobohkan. Foto: rudy

DEMAK (SUARABARU.ID)– Taman Ria yang ada di Kabupaten Demak, dan berada satu lokasi dengan Gedung KONI, sebentar lagi akan menjadi sebuah kenangan. Hal itu seiring akan dibangunnya pusat olahraga atau Sport Center di tempat itu.

Sebelumnya, Taman Ria ini merupakan tempat wisata keluarga yang ada di Kota Demak. Taman Ria diresmikan pada 2006 oleh Bupati Hj Endang Setyaningdyah, kala itu. Dan menjadi tempat favorit wisata keluarga.

Namun dalam kurun waktu lima tahun terakhir ini, tempat wisata itu mengalami penurunan pengunjung. Dan beberapa wahana mengalami kerusakan, bahkan tidak bisa dioperasikan lagi.

BACA JUGA: Kanim Kelas II Non TPI Wonosobo Apresiasi Penghargaan P4 Kemenkumham dari Menpan RB

Tahun ini Pemerintah Kabupaten Demak berencana membangun Sport Center, yang dapat di manfaatkan publik untuk berolahraga. Berdasarkan pantauan yang dilakukan Jumat (17/6/2022), di lokasi Gedung KONI itu itu sudah terlihat pekerja yang mulai membongkar bagian atap, dan mengosongkan bagian dalam bangunan.

Sekertaris Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Demak, Sujarwo menyampaikan, di tempat itu akan dibangun Sport Center, yang terpusat di Stadion Pancasila dan Taman Ria. Pembangunan Sport Center rencananya akan selesai pada tahun depan.

”Untuk progres, saat ini sudah jalan pembangunannya. Jadi mohon maaf untuk para pengguna Gedung KONI, sementara belum bisa digunakan, karena adanya perbaikan,” kata Sujarwo dalam keterangannya di Demak, Jumat (17/6/2022).

BACA JUGA: Perang Obor dan Misteri Kirab Pusaka Sunan Kalijaga

Adapun fasilitas yang akan dibangun, meliputi lapangan sepak bola dengan rumput sintetis, dan penambahan tribun penonton. Kemudian ada pula lintasan lari sintetik dengan enam line (khusus lari sprint ada 8 line), lapangan atletik dan beberapa spot olahraga lainnya.

”Untuk lapangan atletik akan dilengkapi dengan lapangan lompat jauh dan lompat jangkit, lapangan tolak peluru, lempar lembing maupun lompat tinggi. Selain itu juga, disediakan spot latihan panahan,” ungkapnya.

Sujarwo menambahkan, di luar Stadion Pancasila akan disediakan lapangan bola voli outdoor, lapangan bola basket 3 on 3, spot skateboard, dan panjat tebing. Kemudian akan dibangun juga sarana pendukung lainnya, seperti mushala, toilet, gerai minuman dan pusat kuliner, serta lahan parkir yang luas.

BACA JUGA: Staycation Jadi Tren di Libur Sekolah dan Akhir Pekan

Dia berharap, dengan tersedianya sarana prasarana olahraga yang representatif, para pelaku olahraga akan lebih giat berlatih, dan terbiasa dengan lapangan yang berstandar, sehingga dapat memacu prestasi atlet Demak.

”Rencananya juga akan disediakan aplikasi jadwal, untuk memudahkan dalam pengecekan lapangan yang tersedia. Dan itu semua bisa diakses semua warga dari manapun untuk mengecek ketersediaan lapangan, sampai tiga bulan ke depan,” pungkasnya.

Rudy