blank
Hari pertama pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Taruna Poltekip dan Poltekim Tahun 2022 di wilayah Jawa Tengah. Foto: Dok/Kemenkumham

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Taruna Poltekip dan Poltekim Tahun 2022 di wilayah Jawa Tengah memasuki hari pertama, Rabu (15/6/2022).

Sebanyak 252 peserta melaksanakan tes SKD yang diselenggarakan di UPT Badan Kepegawaian Negara Semarang, Jalan Soekarno-Hatta Km. 29, Bergas, Kabupaten Semarang.

Pada kesempatan itu, Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, A. Yuspahruddin menyampaikan, dalam pelaksanaan seleksi ini transparan dan tidak ada unsur uang yang bisa meluluskan para peserta,” kata Yuspahruddin.

Dikatakan bahwa seluruh proses mulai dari administrasi sampai ujian berikutnya, baik ujian kesamaptaan dan wawancara, semuanya tidak ada yang berbayar.

“Kalau ada orang yang mengatakan bisa masuk dengan bayar, itu pasti penipu,” ujarnya.

Yuspahruddin berpesan kepada peserta untuk mengikuti seleksi dengan sebaik-baiknya, karena yang bisa meluluskan nanti hanya diri mereka sendiri.

“Tidak usah khawatir, ikut saja dengan sebaik-baiknya, belajar dengan baik, latihan untuk kesamaptaan dan wawancara, semua dipelajari. Tidak ada yang bisa lulus karena uang,” tandasnya.

Yuspahruddin menambahkan, nantinya setelah lulus dan menjadi Aparatur Sipil Negara, para peserta akan memiliki fungsi sebagai pelayan.

Ia mengimbau jika ada peserta yang bercita-cita menjadi bos maka sekaranglah saat yang tepat untuk mengundurkan diri sebelum terlambat.

“Jika memiliki passion menjadi bos maka sekaranglah waktunya untuk mengundurkan diri. Tidak usah ikut tes, sia sia, karena nanti akan menjadi pelayan, karena fungsi ASN adalah pelayan publik,” terangnya.

Diketahui, SKD Catar Poltekip dan Poltekim wilayah Jawa Tengah ini akan berlangsung selama 5 hari kedepan hingga tanggal 19 Juni, yang berlangsung di UPT BKN Semarang.

Ning Suparningsih