Ketua Umum Forbhin Karlina Puspa menyatakan, menjadi pertanyaan besar apakah Pancasila masih relevan dalam konteks masa lalu, masa sekarang, dan masa yang akan datang. Karena itulah perlu didiskusikan lebih dalam khususnya dalam bulan Pancasila dan Harlah Bung Karno.

“Pancasila seharusnya tetap menjadi pedoman dalam bertingkahlaku karena Pancasila sendiri digali dari nilai nilai luhur kebudayaan Indonesia . hingga Kehidupan berbangsa dan bernegara tetap berjalan bersama menuju kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik,” kata Karlina Puspa.

Sedangkan narasumber lain, Ayu Hendrata, yang merupakan Influencer muda menyatakan, jika berbicara Pancasila dalam konteks generasi muda harusnya menggunakan pendekatan yang lebih simple. “Platform digital dapat digunakan untuk mengedukasi kaum muda terkait Pancasila,” kata Ayu.

Pancasila sebagai ruh yang seharusnya menjiwai cara hidup kita tidak hanya sebagai warganegara namun juga sebagai manusia seutuhnya. Nilai-nilai kebudayaan dan saling tolong-menolong yang tersarikan dalam Pancasila hendaknya dapat dilaksanakan dalam kehidupan sehari hari.

“Agar kita tidak kehilangan kemanusiaan kita dan lebih jauh tidak kehilangan persatuan dan kesatuan kita sebagai bangsa dan negara,” kata Ayu Hendrata.