Para Nominasi yang diusulkan untuk mendapatkan penghargaan dari negara anggota PBB dapat diusulkan oleh pemerintah negara anggota; organisasi antarpemerintah yang terlibat dalam kegiatan yang berhubungan dengan kependudukan; organisasi nonpemerintah terkait kependudukan yang memiliki status konsultatif dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa; akademisi profesor universitas kependudukan atau institusi terkait kependudukan; penerima penghargaan.

Kontribusi Indonesia

Executive Director UNFPA Pusat di New York Natalia Kanem mengatakan, Indonesia melalui koordinasi BKKBN dan Kementerian Luar Negeri serta Perwakilan Tetap Republik Indonesia mengusulkan BKKBN mewakili delegasi Republik Indonesia sebagai nominasi untuk bersaing meraih penghargaan Penghargaan Kependudukan Perserikatan Bangsa-Bangsa UNPA dengan nominasi lainnya yang telah diusulkan

“Saya turut bangga untuk BKKBN atas diraihnya UNPA kali ini. BKKBN merupakan instansi di Indonesia yang berkontribusi dalam penerapan Keluarga Berencana. Selain itu, BKKBN juga terlibat dalam Kerja Sama Selatan Selatan dalam hal pelatihan dan membimbing para pakar kependudukan yang melibatkan organisasi nonpemerintah dan berbasis agama tentang masalah kependudukan”, tambah Natalia.

Lewati Sample Majority

Pada 6 April 2022, dalam pertemuan Commission of the UNPA 2022 di New York, BKKBN telah berhasil memenangi UNPA di Kategori Institusi. BKKBN berhasil memperoleh dukungan 6 dari 9 voters (melewati sample majority), menyisihkan perwakilan institusi dari RRT, Meksiko, Nepal, Filipina, dan Spanyol.

Di akhir sambutannya, Prof Rizal Damanik juga menyampaikan, terpilihnya BKKBN sebagai pemenang UNPA merupakan tonggak momentum perjuangan pemerintah RI termasuk BKKBN  dalam peningkatan kualitas SDM Indonesia.