blank
Kegiatan sosialisasi terkait penyusunan rekomendasi kebijakan pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Tahun 2022. Foto: Dok/Humas Kemenkumhan

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah menggelar sosialisasi terkait penyusunan rekomendasi kebijakan pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Tahun 2022.

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Gets Semarang ini dibuka oleh Kakanwil A. Yuspahruddin yang berlangsung selama 3 hari.

Dikatakan, dalam pelaksanaan pembinaan pemasyarakatan diperlukan adanya subyek dan objek pendukung yang baik demi terwujudnya suatu sistem pembinaan yang terpadu.

Oleh karena itu kehadiran bengkel kerja menjadi penting untuk mendukung kegiatan kerja produktif Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Kakanwil menyampaikan, di Lapas pasti ada saja persoalan yang muncul. Ia berharap persoalan itu tidak berkepanjangan.

Mengutip yang disampaikan Gus Baha, Kakanwil menjabarkan satu ungkapan penting, yaitu Al Insan Abdul Ihsan yang diartikan bahwa manusia adalah budak kebaikan.

“Konsepnya Al Insan Abdul Ihsan, pemberi kebaikan itu akan diikuti oleh kebaikan tersebut,” terang Yuspahruddin kepada peserta sosialisasi dari 46 UPT Lapas/Rutan di Jawa Tengah yang hadir, Selasa (14/6/2022).

Menurutnya, apa yang disampaikan pada kegiatan ini adalah harus memberikan pelayanan dengan baik kepada warga binaan.

Yudpahruddin mengajak para petugas selalu menebar kebaikan dalam setiap melaksanakan tugas dan fungsi sehari-hari.

“Cara memberi kebaikan kepada WBP adalah dengan tidak menganiaya, tidak memungut bayaran, berikan haknya dengan baik,” ajaknya.

Kadiv Pemasyarakatan, Supriyanto menambahkan, kegiatan ini bertujuan untuk penyusunan rekomendasi kebijakan pembentukan LSP pada jajaran Kemenkumham Jateng dalam menjalankan tugas dan fungsi.

“Tentu LSP ini berguna untuk membantu meyakinkan bahwa produk/jasa yang dihasilkan dari bengkel kerja Lembaga Pemasyarakatan telah dibuat oleh tenaga-tenaga yang kompeten,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini menghadirkan 2 orang narasumber dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan yaitu Koordinator Latihan Keterampilan dan Sub Koordinator Kemitraan.

Hadir saat pembukaan kegiatan, Kalapas Kelas I Semarang, Tri Saptono Sambudji dan Kalapas Perempuan Kelas IIA Semarang, Kristiana Hambawani.

Ning Suparningsih