“Pada awal-awal ingin mendapat murid banyak, namun setelah banyak anak – anak yang ikut mengaji malah bingung. Tempatnya nggak ada sarana juga kurang, tapi Alhamdulilah istri saya mendukung dan ada beberapa teman yang ikut menjadi guru mengaji di sini,” ucap guru mengaji Aipda Adi.

Kemudian sarana dan prasarana yang didapatkan beberapa waktu berikutnya, Aipda Adi Tri menyampaikan bahwa ada bantuan dari para donatur seperti dari rekan-rekan anggota Polres Blora dan dari warga Blora serta dermawan lainnya.

“Dengan doa dan perjuangan serta dukungan dari keluarga dan teman-teman akhirnya padepokan ini bisa berkembang. Dan saat ini sudah mempunyai 90 santri,” jelas Aipda Adi Tri Sukmoro.

Saat ini sudah ada empat kelas yang belajar mengaji di Padepokan Ka-Jaga Sat Samapta Polres Blora Aipda Adi Tri. Mulai dari kelompok santri usia anak TK dan Paud, kelompok Sekolah Dasar (SD), hingga usia SMP dan setiap hari Jumat Khusus kelas mengaji ibu-ibu warga setempat.

blank
Foto bareng Aipda Adi TS dengan guru mengaji lainnya, di TPQ Nurul Quran. Foto: DokAipda Adi TS Blora

Dalam kegiatan sekolah mengaji ia tidak menentukan biaya bagi para santri yang biasa dilakukan adalah pembayaran infaq sebesar 10 ribu rupiah setiap bulannya, itupun sukarela dan tidak diwajibkan, imbuh Aipda Adi.

“Lillahi ta’ala. Alhamdulilah atas izin Allah SWT. kegiatan mengaji disini bisa berjalan lancar. Namun demikian tentunya kami tidak akan menolak jika ada dermawan yang ikut berdonasi untuk keperluan kegiatan mengaji di sini,” harap Aipda Adi Tri.

Apresiasi dari Kapolres

Pada kesempatan berbeda, ditemui di kantornya Kasat Samapta Polres Blora AKP Kusnio,SE selaku atasan dari Aipda Adi Tri Sukmoro menyampaikan bahwa apa yang dilakukan oleh anggotanya tersebut patut didukung dan ditiru bagi yang bisa ilmu agama Islam.

“Yang dilakukan oleh Aipda Adi Tri sudah bagus, apalagi bisa berbagi ilmu kepada anak – anak dilingkunganya. Alhamdulilah sampai saat ini Aipda Adi selalu disiplin dalam melaksanakan tugas. Saat jam dinas ia bertugas dan setelah sore hari, jam dinas selesai, ia menjadi guru ngaji,” ucap  Kasat Samapta Polres Blora.

Pada kesempatan pagi yang indah, ketika Kapolres jumpa pers usai olahraga bersama anggota Polres Blora, Jumat 10 Juni 2022 lalu, menjelang HUT Ke-76 Bhayangkara tahun ini, Kapolres Blora AKBP Aan Hardiansyah,SH,MH memberikan apresiasi dan penghargaan pada HUT  Bhayangkara 1 Juli 2022 kepada yang bersangkutan yakni Aipda Adi Tri Sukmoro.