blank
Babinsa melatih baris berbaris. Foto: eko

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID) –Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam hal peraturan baris-berbaris (PBB), Babinsa Koramil 12/Sawangan Kodim 0705 Magelang, Serka Sutrisno, melatih PBB siswa Madrasah Ibtidaiyah Islam Terpadu Cahaya Hati di Dusun Bendan, Desa Sawangan, Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang, Senin (13/6/2022).

Kegiatan tersebut juga bertujuan untuk menanamkan disiplin dan karakter kehidupan berbangsa sejak usia dini, serta menumbuhkan jiwa kebersamaan sebagai generasi penerus bangsa.

Dalam latihan tesebut, Serka Sutrisno memberikan materi PBB tingkat dasar, seperti gerakan di tempat yang sesuai dengan aturannya. Karena selama ini mungkin masih banyak gerakan baris berbaris yang dilakukan belum sesuai dengan aturannya.

“Selain baris berbaris mereka juga diberikan pemahaman tentang pengetahuan bela negara yang diberikan secara terarah dengan bahasa yang sederhana mengingat kondisi mereka masih kecil, kami memberikan contoh gerakan terlebih dahulu, agar bisa dilihat dan diikuti oleh anak-anak,” terangnya.

Trisno menambahkan, kegiatan PBB yang diberikan kepada anak-anak SD itu juga bertujuan untuk melatih sikap, mental, dan mendidik anak supaya lebih baik dalam peningkatan disiplin.

“Diharapkan juga, dapat menjadi kader di sekolahnya yang bisa memberikan contoh kepada adik-adik kelasnya,” pungkasnya.

Ucapan terima kasih disampaikan oleh Kepala Madrasah Ibtidaiyah Islam Terpadu Cahaya Hati, Ambar Suciwati. Kepada anggota TNI yang telah meluangkan waktu untuk anak-anak didiknya, sehingga mendapatkan ilmu tentang baris berbaris yang benar.

“Harapan kami semoga kegiatan ini bisa berlanjut jangan sampai berhenti sampai disini,” pintanya.

Eko Priyono