blank
Sepeda bersama untuk bersih pantai Telukawur. (Foto :Zaky )

JEPARA (SUARABARU.ID) – Penjabat (Pj.) Bupati Jepara Edy Supriyanta, Kapolres Jepara AKBP Warsono dan Sekda Edy Sujatmiko, bersama sejumlah pejabat terkai   memilih untuk merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan melakukan bersih pantai. Kegiatan ini dilaksanakan, pada Jumat (10/6/2022), di Pantai Teluk Awur, Kecamatan Tahunan.

blank
Pj Bupat, Kapolres, Sekda Jepara saat menyerahan bantuan
(Foto: Zaky)

Kegiatan ini diawali dengan bersepeda dari Kantor Setda Jepara, Edy Supriyanto bersama rombongan menyapa Aparatur Sipil negara (ASN), yang sedang melakukan kerja bakti di depan kantor masing-masing. Kemudian Edy, menuju Pantai Teluk Awur.  “Kita sudah melaukan bersih kota. Sekarang saatnya untuk melakukan bersih pantai di obyek wisata,” ungkap Edy.

Saat berada di  Pantai Teluk Awur rombongan Pj Bupati memunguti sampah plastik yang berserakan di Edy, juga mengajak pengunjung untuk ikut bergabung melakukan kerja bakti membersihkan pesisir pantai.  “Kalau pantainya bersih, enak dilihat. Pengunjung akan semakin betah berwisata ke Jepara.” katanya.

blank
Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta membersihkan pantai Telukawur (Foto: Kominfo)

Edy memilih Pantai Teluk Awur sebagai tempat aksi karena daerah ini merupakan salah satu objek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. “Harapan kami menjaga kebersihan pantai menjadi gerakan bersama,” ujar Edy yang juga didampingi Ny. Eka Edy Supriyanta.

Melalui momentum peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia yang diperingati pada tanggal 5 Juni setiap tahunnya, Edy mengajak seluruh elemen masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan. “Saatnya kita ramah dan perhatian   terhadap lingkungan,” katanya.

blank
Sekda Edy Sujatimo saat serahkan bantuan kepada Petinggi Tanjung (Foto : Zaky )

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jepara Farikhah Elida mengatakan, sda sebanyak 26 petugas atau Tim Coastal Clean Up (CCU) yang ditempatkan di 8 titik wisata pantai. Mereka bertugas untuk menjaga kebersihan pantai. Namuan demikian, masyarakat harus ikut menjaganya. Mereka disebar mulai dari Pantai Teluk Awur, Semat, Panggung, Seribu Ranting, Pantai Kartini, Bandengan, Paelus, dan Bondo.

Dalam kesepatan itu juga diserahkan bantuan 2 unit kendaran roda tiga angkut sampah kepada Desa Jambu dan Desa Suwawal, Mlonggo. Kemudian becak sampah kepada Desa Tanjung, Pakis Aji. Timbangan duduk digital Desa Watuaji, Keling. Pemotong rumput Desa Senenan, Tahunan, juga tong sampah untuk Kelurahan Potroyudan, dan Desa Tegalsambi, Tahunan.

Hadepe