blank
Ilustrasi memberikan pendapat. Foto: pexelskeira/ burton/Suara.com

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Jangan berharap kepada orang lain jika kamu tak ingin kecewa. Kata-kata itu sering muncul di berbagai konten media sosial.

Karena, berharap kepada orang lain hanya akan membuat kamu berpotensi merasakan kekecewaan. Sebab, tanpa disadari ada beberapa hal yang orang lain berikan padamu tidak sesuai dengan keinginan kamu.

Dilansir dari Suara.com, ada beberapa hal yang tidak boleh kamu harapkan pada orang lain.

1. Menerima pendapat kamu

Kamu jangan berharap bahwa orang lain bisa menerima pendapat kamu. Sebab, setiap orang memiliki sudut pandang dan pola pikir yang berbeda-beda. Maka dari itu, kamu juga harus bisa menghargainya, sebab jika kamu menuntut bahwa semua orang harus bisa menerima pendapat kamu, itu adalah sikap yang tidak baik.

2. Memiliki waktu buat kamu

Setiap orang pasti memiliki kesibukan masing-masing, entah itu waktu bersama keluarga atau bekerja. Maka dari itu, kamu jangan berharap hal tersebut pada orang lain. Sebab, jika kamu selalu menuntut orang lain selalu memiliki waktu buat kamu, hal tersebut merupakan tindakan yang salah.

3. Memahami kamu

Jika kamu tidak bisa memahami keadaan orang lain. Maka kamu jangan berharap dipahami juga oleh orang lain. Sebab, kamu tidak bisa mengerti apa yang orang lain sedang butuhkan.

Bukan hanya itu, kamu juga selalu ingin diprioritaskan dalam berbagai keadaan. Tentu saja hal ini akan membuat orang lain merasa kesal, sebab kamu sudah bersikap egois dan selalu mementingkan diri sendiri, tanpa memikirkan apa yang orang lain rasakan.

4. Menyukai kamu

Pasti ada saja orang yang tidak menyukai kamu. Hal ini disebabkan mungkin saja orang tersebut merasa iri dengan kamu. Entah itu dari segi penghasilan ataupun pencapaian kamu. Maka dari itu, kamu jangan berharap hal ini pada orang lain.

Sebab, kamu tidak membaca apa yang ada di isi pikiran orang lain. Akan tetapi, untuk meminimalisir orang yang tidak menyukaimu, maka kamu harus tetap bersikap baik pada semua orang.

Itulah beberapa hal yang jangan kamu harapkan pada orang lain. Maka dari itu, berhentilah terlalu berharap dalam hal apapun pada orang lain, agar kamu tidak merasa kecewa.

Ning Suparningsih