blank
Sajian sop senerek. Ada dagingnya, irisan wortel kentang, dan toping rebusan bayam. Foto: wied

Sop Kacang Merah Plus Bayam

Banyak rumah makan di Magelang baik kota maupun kabupaten yang menyediakan sup senerk ini. Salah satunya ada di jalur menuju Borobudur dari arah Blondo. Tepatnya Jalan Soekarno Hatta No.288, Carikan, Deyangan, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang.

Bila melaju dari arah Magelang, belok kanan di Simpang Tiga Blondo arah menuju Borobudur. Lokasi rumah makan ini berada di sisi kanan pompa bensin Deyangan, di pinggir jalan. Di tempat ini memang tersedia aneka masakan, tetapi sop senerek dengan dengan daging sapi lebih khusus lagi iga atau rusuk.

Begitu masuk rumah makan ini, kita bsia tengok daftar menu. Ada sop senerek dengan pilihan potongan daging, babat, iso atau usus sapi, juga lidah. Penyuka iga, tersedia pula sop senerek spesial iga.

Sambil menunggu pesanan datang, kita bisa mengunyah makanan tambahan yang disediakan. Ada gorengan, perkedel, kerupuk, dan yang lain. Begitu pesanan dating, nikmatilah sensasinya. Daging yang masih menempel pada tulang (orang Jawa biasa menyebut balungan). Meski ada tulangnya, tetapi dagingnya empuk.