Saiful Hadi menyampaikan materi dalam Pelatihan Digital Training of Teacher yang digelar HMJ PAI Universitas Walisongo Semarang, 24-25 Mei 2022.

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Dosen Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Jurusan Sistem Informasi Universitas Semarang (USM), Saiful Hadi ST MKom menjadi narasumber dalam Pelatihan Digital Training of Teacher dengan tema ”Meningkatkan Kreativitas Calon Pendidik melalui Pembelajaran Berbasis Multimedia”, 24-25 Mei 2022.

Kegiatan yang diikuti anggota dan pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam (HMJ PAI) dan perwakilan kelas program studi Pendidikan Agama Islam Universitas Negeri Walisongo Semarang.

Pada kesempatan itu Saiful memberikan materi tentang Microsoft 365 dan Microsoft Teams.

Mneurutnya, setiap platform memiliki kelebihan dan kekurangan.

Ada google classroom, google meet, zoom, microsoft teams, dan banyak lagi platform-platform lain untuk elearning. Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan.

”Contoh aplikasi zoom memilki kelebihan dalam layanan meeting online dan menurut survei di Amerika, zoom memilki omset yang paling tinggi, tetapi kelemahannya tidak bisa untuk mengoreksi tugas seperti di google classroom atau microsoft team,” ujarnya.

”Kelebihan microsoft teams ada ofice dan fitur-fitur lain, beda dengan google karena word, excel dan lain sebagainya itu milik microsoft,” lanjutnya.

Dia mengatakan, pandemi ini menuntut perubahan di segala bidang.

”Dari pandemi ini kita dipaksa untuk berubah menjadi lebih baik maka ikutilah perubahan,” tegasnya.

Salah satu peserta pelatihan, Aulia Berlian Novita mengatakan, dari materi yang disampaikan sangat bermanfaat karena menjadi paham IT.

”Dari pelatihan ini saya merasa senang, karena sangat bermanfaat. Yang awalnya tidak mengerti sekarang mejadi mengerti IT,” kata Aulia.

Muhaimin