blank
Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati memimpin Rakor Penanganan Banjir di Kecamatan Cepu. Foto: Prokompim Blora

BLORA (SUARABARU.ID) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora serius tangani banjir di wilayah Cepu, yang akhir-akhir ini sering terjadi bahkan terkadang setiap musim penghujan yang turun hujan selama seminggu berturut-turut dikhawatirkan mengakibatkan banjir.

Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, ST, MM mendorong agar permasalahan banjir yang kerap terjadi pada sejumlah wilayah di Kecamatan Cepu untuk segera ditangani secara serius. Hal itu disampaikan Wakil Bupati Blora  saat memimpin rapat koordinasi penanganan banjir di wilayah Kecamatan Cepu, Kamis (19/5/2022).

Rakor yang digelar di Kantor Kecamatan Cepu diikuti oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Blora, Adm Perhutani Cepu, PEM Akamigas, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD terkait beserta jajarannya, TP2D Kabupaten Blora, Camat Cepu, dan Kepala Lurah se-Kecamatan Cepu.

Rapat koordinasi tersebut, untuk mengurai permasalahan banjir di Cepu sekaligus menemukan solusi yang tepat. Wabup Tri Yuli menjelaskan, pemkab telah menyiapkan beberapa langkah-langkah baik jangka pendek maupun jangka panjang, untuk mengatasi banjir di Kecamatan Cepu itu.

“Setelah rakor kita langsung ada tindakan untuk penanganan banjir Cepu.  Mulai yang jangka pendek, kita langsung ada action dari Dinas PUPR dan OPD terkait untuk meninjau lokasi secara langsung, dimana saja dan apa saja yang perlu dilakukan, termasuk di hilir nanti, juga terkait penambahan pompa atau parsial,” ungkap Wabup Blora.

Pemkab juga menyiapkan penyelesaian permasalahan banjir untuk jangka panjang, seperti halnya opsi untuk pembuatan kanal.

“Pembangunan kanal tersebut tentu membutuhkan perencanaan yang matang, maka nantinya perlu studi kelayakan yang mana saya berharap di tahun 2022 ini, di perubahan, untuk dilakukan studi kelayakan,” harap Wabup Tri Yuli.

Disampaikan Wabup, tindakan-tindakan mencegah terjadinya banjir untuk jangka pendek akan segera dilakukan sembari mempersiapkan studi kelayakan pembangunan kanal.

Persoalan Banjir Cepu

“Mengurai banjir di Cepu tidak  bisa sendiri – sendiri tetapi bagaimana sinergitas, kita harus kita lakukan dari beberapa stakeholder, kita melakukan koordinasi yang intinya bagaimana kita mengurai banjir di Kecamatan Cepu sekaligus memberikan masukan dan saran yang terbaik,” tandas Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Blora, A. Mahbub Djunaidi, S.Pd. M.Si pada kesempatan itu juga memaparkan mengenai masterplan drainase Kecamatan Cepu.

Mahbub menjelaskan bahwa ada beberapa persoalan yang dihadapi Cepu sehingga menimbulkan terjadinya banjir. Salah satunya adalah saluran drainase yang ada di berbagai lokasi kini semakin menyusut.

blank
Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Blora, Adm Perhutani Cepu, PEM Akamigas dan Peserta serius ikuti Rakor Penanganan Banjir di Kecamatan Cepu. Foto: Prokompim Blora

“Di Turibang misalnya, kita bisa melihat selokan dulu lebarnya tidak kurang tiga meter, sekarang tidak ada satu meter bahkan sekitar 80 cm,  juga lumpur yang sedimen makin lama makin banyak tinggi, di daerah Balun juga sama malah selokannya dipakai rumah dan warung disitu sampah juga banyak, lebarnya juga berkurang,daerah Tuk Buntung malah drainasenya saat ini hilang,” jelas Kepala Bappeda Kabupaten Blora.

Lanjut Mahbub Djunaidi, semua pihak harus bersinergi tidak hanya pemerintah saja tapi masyarakat juga untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat agar tidak buang sampah di  sembarangan tempat.

Solusi Penanganan Banjir

Kepala DPUPR Blora Ir Samgautama Karnajaya, MT, menyebutkan ada beberapa solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan banjir di Kecamatan Cepu, mulai dari jangka pendek dan panjang.

“Solusinya yang pertama, memang jangka pendeknya adalah normalisasi drainase, ada beberapa cara seperti yang pertama adalah mengurangi sedimentasi. Kemudian yang kedua adalah penambahan lebar saluran, yang tadinya lebar 3 meter menjadi 80 cm itu harus dikembalikan kembali menjadi 3 meter,” ucap Samgautama.

Kepala DPUPR juga mengatakan bahwa  memperlebar volume jaringan – jaringan yang ada di hilir dekat Bengawan Solo sangatlah penting.

Disampaikan Samgautama, solusi selanjutnya adalah secara jangka panjang dengan pembuatan kanal di wilayah Cepu. Menurutnya, bila disepakati untuk pembuatan kanal tersebut nantinya perlu untuk dilakukan studi kelayakan dan berbagai tahapan lainnya untuk bisa diajukan ke Pemerintah pusat.

“Kalau beberapa hal tersebut tidak bisa tertangani, maka kita harus membuat kanal, kita harus membuat saluran untuk air ini. Minimal kita membuat saluran induk yang semua arah aliran itu nanti lewat di situ,” ujar Kepala DPUPR Blora.

“Kalau itu disepakati bahwa kita harus membuat kanal, maka kita harus membuat studi kelayakan pembangunan kanal, kemudian membuat DED, kita nanti ajukan untuk mintakan anggaran dari pusat, mengingat Cepu ini juga Pusat Kegiatan Wilayah,” pungkas Kepala DPUPR Samgautama Karnajaya.

Kudnadi