“Dalam statuta Universitas Semarang yang terbaru tahun 2021, Prof Sudharto sebagai ketua pembina menapakasmani (menandatangani), tegas disebutkan bahwa visi USM adalah dua hal intinya yaitu menghasilkan sumber daya insani dan menghasilkan IPTEK,” ucap Dr Supari.

Sumber daya insani, tambahnya, adalah lulusan yang profesional, beradab, dan berkeindonesiaan. ipteknya adalah yang berdayaguna dan berhasil guna tentunya bagi masyarakat.

Rektor USM menjelaskan dalam konteks idul fitri yang lebih relevan dari dua hal tadi adalah, visi mengenai sumber daya insani.

“USM bertekad memperjuangkan lulusannya menjadi sumber daya insani yang profesional, beradab, dan berkeindonesiaan. terjemahan makna dari ketiga istilah tadi tertuang jelas di dalam statuta, yang dibaca , didownload, didiskusikan kapanpun tentang hal ini,” jelas Dr Supari.

blank
Rektor USM Dr Su-pari, S.T., M.T. memberikan sambutan. Foto: Humas USM

Sementara itu, dalam sambutannya Ketua Pembina Yayasan Alumni Undip Prof Sudharto mengatakan efek jangka panjang atau hasil dari ibadah puasa selama sebulan penuh adalah bertambahnya ketakwaan kita kepada Allah dan rasa sosial yang meningkat terhadap sesama manusia.

Outcome dari puasa adalah la’allakum tattaqun, artinya menjadi manusia yang lebih bertakwa. tidak hanya hablumminnallah tetapi juga hablumminannas untuk lebih memilki rasa sabar, tawakkal, empati dan peduli,” ucap Prof Sudharto.

Dalam ceramahnya Prof Dr H Abdurrahman Mas’ud MA PhD menekankan untuk menjaga budaya halal bi halal karena dianggap mampu menjaga kerukunan umat beragama.