blank
Narapidana Lapas Semarang tengah video call dengan keluarganya dalam momentum lebaran. Foto: Dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang kembali memfasilitasi layanan kunjungan online bagi narapidana di moment Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

Layanan ini diberikan secara gratis sejak tanggal 2 hingga 4 Mei 2022 dengan tujuan memberikan rasa aman dan nyaman bagi narapidana yang sedang menjalani masa pidana saat pandemi Covid-19.

Kalapas Semarang, Tri Saptono Sambudji menjelaskan, kunjungan online ini menjadi layanan alternatif yang diberikan kepada masyarakat dan warga binaan.

“Sejauh ini kunjungan secara tatap muka masih belum bisa dilaksanakan untuk mencegah penyebaran Covid-19,” jelas Tri Saptono, Rabu (4/5/2022).

“Komunikasi dengan keluarga merupakan salah satu hak narapidana, sehingga kami tetap menyediakan kunjungan online melalui video call,” lanjutnya.

Selain layanan kunjungan online, pihak Lapas juga telah menyediakan warung telekomunikasi khusus (wartelsus) yang dilengkapi sarana videocall, sehingga narapidana yang ingin berkomunikasi dengan keluarganya dapat memanfaatkan fasilitas tersebut.

“Harapannya layanan kunjungan online melalui video call ini dapat mengobati rasa rindu mereka,” tandas Kalapas.

Menurutnya, para petugas Lapas akan selalu siap untuk membantu menghubungkan narapidana dengan keluarganya, meskipun di hari libur lebaran.

Salah satu narapidana, Prastyo mengapresiasi dan mensyukuri fasilitas video call yang disediakan Lapas Semarang. “Alhamdulillah, dengan adanya layanan video call ini saya bisa melepas kangen dengan keluarga di luar sana,” ungkapnya.

Selain itu, pihak Lapas juga melayani pengiriman barang atau makanan untuk narapidana dengan layanan drive thru.

Diketahui, pada lebaran kali ini, Lapas Semarang melayani mayarakàt yang ingin mengirimkan barang atau makanan untuk narapidana dari pagi hingga sore hari selama tiga hari lebaran.

Pihak Lapas memberikan layanan pengiriman barang dan makanan tetap melewati proses pemeriksaan yang ketat oleh petugas, dengan melibatkan seluruh petugas Lapas, serta pengamanan dari Polsek dan Koramil Ngaliyan.

Ning