blank
Hari kedua Lebaran pengunjung mulai membanjiri Pantai Lumut Desa Sidoharjo, Kecamatan Puring, Kebumen.(Foto:SB/Komper Wardopo)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Pada H+1 atau hari kedua Lebaran Selasa (3/5) para pelancong sudah mulai menyerbu Pantai Lumut atau Silumut di Desa Sidoharjo, Kecamatan Puring, Kebumen.

Pantai yang berjarak 4 kilometer barat Pantai Petanahan ini belakangan memang menjadi salah satu destinasi pilihan para pelancong yang plesir ke laut. Tak heran para pemudik Lebaran 2022 ini lang sung membanjir pantai tersebut.

Menurut Kabul, petugas parkir di Pantai Lumut, pengunjung yang mengendarai mobil tak kurang 500 pada pagi hingga siang. Sore hari pengunjung semakin bertambah. Pelancong yang mengendarai roda dua juga memadati area parkir.

Kendaraaan roda dua ditarik tiket masuk Rp 5.000. Sedangkan mobil atau roda empat Rp 10.000. Kelebihan pantai Lumut yakni areanya luas dan landai, pantainya relatif bersih, banyak saung dan lokasi penjual makanan terpisah dari kawasan pantai.

blank
Pelancong menikmati keindahan Pantai Lumut, Desa Sidoharjo, Kecamatan, Puring, Kebumen.(Foto:SB/Komper Wardopo)

Yang lebih menarik pengunjung karena pantai ini tidak terlalu panas lantaran banyak pepohonan di kawasan Pantai Lumut. Pada siang hari pun tidak terlalu panas. Sedangkan kelebihan lain, banyak lokasi untuk spot foto, serta tersedia atraksi anak mandi di air hingga naik kuda.

JJLS Padat, Pengendara Harus Hari-hati

Makanan lokal tersedia pecel dan ketupat, air kelapa muda, kupat tahu dan lotek. Ada pula yutuk, sejenis kerang khas laut pantai selatan. Banyak saung dan kursi duduk untuk menikmati makanan sembari memandang pantai dan ombak laut selatan.

Ny Nuryati, pengunjung dari Kota Kebumen mengaku sengaja ingin datang ke Pantai Lumut di hari kedua Lebaran. Dirinya puas karena pengunjung relatif tertib.”Hanya saja jalan masuk masih sempit dan belum semua beraspal, namun lokasi pantainya bagus,”ucap Ny Nuryati.

Pantai Lumut dilewati jaringan jalan lintas selatan (JJLS) atau jalur pantai selatan (Pansela) dan sering disebut Jalan Diponegoro dari Tambakmulyo, Kecamatan Puring sampai Wiromartan, Kecamatan Mirit.

Suasana di sepanjang JJLS Selasa (3/5) Pansela Kebumen lancar padat. Baik kendaraan pemudik maupun para pelancong yang plesir ke objek wisata pantai. Namun saat melalui jalan masuk pantai selatan atau perempatan dan pertigaan, pengendara harus pelan dan berhenti sejenak.

Kebumen memiliki banyak wisata pantai. Sejak dari batas Cilacap-Kebumen di Kecamatan Ayah, Buayan, Puring, Petanahan, Klirong, Buluspesantren, Ambal hingga Mirit sepanjang 57 km, memiliki banyak wisata pantai menarik.

Komper Wardopo