blank
Ganjar (baju biru), saat melaksanakan Shalat Id di Lapangan Pancasila Simpanglima, Semarang. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, melaksanakan Shalat Idul Fitri di Lapangan Pancasila, Simpanglima, Semarang, Senin (2/5/2022). Ini menjadi yang pertama, setelah dua tahun sebelumnya, Ganjar melaksanakan secara terbatas di rumah dinasnya.

Berangkat pukul 06.00 WIB dari kediamannya, Ganjar langsung bergabung dengan jamaah yang telah memadati kawasan Simpanglima. Antusiasme masyarakat yang terus berdatangan pun, membuat panitia memberi tambahan waktu lima menit.

”Suasananya luar biasa. Tadi kita undur lima menit, karena antusiasme masyarakat yang tadi sempat berlari-lari. Suasananya sangat menggembirakan,” ujar Ganjar, yang ditemui usai Shalat Id.

BACA JUGA: Ini yang Dilakukan Dandim 0728 Wonogiri Saat Cheking Pospam Idul Fitri

Apalagi dalam khotbahnya, lanjut Ganjar, khatib menyampaikan pesan yang mendalam tentang Islam Rahmatan lil’Alamin, dan bisa ditunjukkan dengan perilaku tidak menyebar hoaks, serta menjaga persatuan dengan memberikan nilai kebaikan.

”Masya Allah, ini sesuatu yang menurut saya luar biasa yang bisa didengar setelah dua tahun. Kita tidak bisa mengikuti Shalat Idul Fitri berjamaah seperti ini, dan tentu saja menjadi kebahagiaan kita semuanya,” ungkap Ganjar.

Usai shalat, Ganjar berpesan pada masyarakat, untuk tetap menjaga prokes saat melaksanakan ritual Lebaran, yakni bertandang ke sanak saudara. Paling sederhana, kata Ganjar, agar selalu memakai masker.

”Pasti setelah ini akan piknik, pasti setelah ini akan bertandang ke keluarga. Saya titip pesan, tetap jaga protokol kesehatan, yang paling simpel pakai maskernya,” tandas Ganjar.

Riyan