blank
Kepala Disperinkop UKM Kabupaten Kendal, Ferynando Rad Bonay, saat akan memberikan minyak goreng curah kepada sejumlah pelaku UMKM.(FOTO:SB/ Spw)

KENDAL(SUARABARU.ID)-Sebanyak 82 Pelaku UMKM di Kabupaten Kendal, mendapat bantuan minyak goreng kemasan sebanyak 8 liter dari CSR Bank Jateng, di Pendopo Tumenggung Bahurekso, Jumat(29/04/2022) siang.

Kepala Disperinkop UKM Kabupaten Kendal, Ferynando Rad Bonay, mengatakan, pemberian bantuan minyak goreng ini merupakan CSR dari Bank Jateng yang bekerjasama dengan pemerintah Provinsi Jateng dan Pemerintah Kabupaten Kendal.

Menurut Fery, di Kabupaten Kendal, pelaku UMKM yang terdaftar di Disperinkop UKM Kendal sebanyak 11. 262 orang.

“Setelah kami seleksi, yang masuk kriteria layak menerima bantuan minyak goreng kemasan sebanyak 8 liter, ternyata hanya 82 pelaku UMKM, karena mereka yang bergerak di bidang makanan,”kata Fery.

Fery berharap, bantuan minyak goreng ini diberikan, untuk mengurangi beban biaya para pelaku UMKM dalam memproduksi hasil olahannya, sehingga mereka bisa mendapatkan keuntungan yang baik di masa pandemi Covid-19 ini.

“Kita tahu, meskipun sudah ada kebijakan dari pemerintah untuk menghentikan ekspor, namun sampai hari ini di lapangan, harga minyak goreng masih cukup tinggi,”ujar Fery.

Kepala Cabang Bank Jateng Kendal, Suko Hariyadi, mengatakan, pemberian minyak goreng kemasan diberikan untuk meningkatkan kesejahteraan dan pemulihan ekonomi khususnya bagi para UMKM yang ada di wilayah Kabupaten Kendal.

“Ini merupakan kepedulian dari Bank Jateng, untuk para pelaku usaha UMKM agar perekonomian keluarganya lebih meningkat lagi,”kata Kepala Cabang Bank Jateng Kendal, Suko Hariyadi.

Menurut Suko Hariyadi, Bank Jateng Cabang Kendal akan memberikan bantuan dana bergulir kepada para pelaku UMKM untuk modal usaha, dengan catatan para pelaku UMKM selama ini, belum pernah mengajukan atau menikmati fasilitas kredit dari bank lain.

“Jadi Bank Jateng siap melayani bapak ibu semua. Agar usaha bapak dan ibu selaku pelaku UMKM bisa maju dan berkembang,”ujar Suko Hariyadi.

Salah satu pelaku UMKM Ida(37), mengaku senang dengan diberikannya bantuan minyak goreng kemasan sebanyak 8 liter dari CSR Bank Jateng Kendal ini.

“Alhamdulillah, minyak goreng ini bisa saya gunakan untuk menggoreng ‘Onde- onde Ketawa’ dan kacang asin yang setiap hari saya produksi,”ucapnya. Spw