blank
Lestari Moerdijat (kiri), saat melakukan kegiatannya bersama jajaran Undip, beberapa waktu lalu. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Utamakan keselamatan dan waspadai perubahan cuaca, saat mudik. Jadikan mudik tahun ini ajang mempererat silaturahim antarkeluarga.

”Rindu kampung halaman setelah dua tahun tidak pulang kampung, jangan sampai mengalahkan faktor keselamatan di jalan,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Kamis (28/4/2022).

Data Korlantas Polri, saat mudik tahun ini diperkirakan 23 juta kendaraan roda empat dan 17 juta kendaraan roda dua, diprediksi akan melintasi jalan tol maupun Nasional.

BACA JUGA: Warga Tirtonadi Blora Diimbau Segera Mengungsi, Hindari  Longsor Susulan

Total kendaraan yang diprediksi melintas itu, setara dengan VC ratio sebesar 1,9. VC ratio adalah derajat kejenuhan jalan, yang menggambarkan jumlah arus lalu lintas yang ditampung pada suatu kapasitas jalan.

Besarnya VC ratio secara teoritis antara 0-1, yang artinya jika nilai VC mendekati 1, maka kondisi jalan itu mendekati jenuh.
Dengan prediksi VC sampai 1,9 diperlukan sejumlah rekayasa lalu lintas, untuk menghindari tersendatnya arus.

Kondisi itu, ujar Lestari, harus benar-benar diantisipasi para pemudik lewat kesiapan fisik dan mental, agar tetap mengutamakan keselamatan dalam perjalanan.

BACA JUGA: Perhutani KPH Randublatung Bagikan 658  Bingkisan Lebaran kepada Tenaga Kerja Hutan

Apalagi beberapa pekan terakhir, diwarnai cuaca ekstrem, seperti hujan lebat, angin kencang dan gelombang tinggi.

Di sisi lain, menurut Rerie, sapaan akrab Lestari, semangat masyarakat untuk tetap menjalin silaturahim dengan keluarga di kampung halaman, merupakan hal yang positif dalam upaya memperkuat ketahanan keluarga, yang merupakan bagian terkecil dari masyarakat.

Rerie juga berharap, masyarakat dan para pemangku kepentingan tetap mewaspadai potensi penularan covid-19 di daerah, dengan tetap menjalankan protokol kesehatan, menjaga kebersihan dan menggunakan masker.

BACA JUGA: 64 Keluarga Tidak Mampu Dapat Bantuan Penyambungan Listrik Gratis dari PT PLN UIK Tanjung Jati B

Anggota Majelis Tinggi Partai Nasdem itu menyebutkan, di sejumlah provinsi di Cina, dikabarkan saat ini masih terjadi ledakan penyebaran covid-19.

Menurut Rerie, keseimbangan antara mengedepankan faktor keselamatan, semangat menjalin silaturahim antara keluarga, akan menghasilkan perjalanan mudik yang aman dan selamat sampai tujuan.

Riyan